PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Tingkatkan Naluri Tempur, KRI Dan Pesud TNI AL Latihan Bersama Di Ambalat

Mencerdaskan & Memuliakan - September 15, 2021
Tingkatkan Naluri Tempur, KRI Dan Pesud TNI AL Latihan Bersama Di Ambalat
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Mengasah naluri tempur personil, serta menguji kesiapan operasional Alutsista KRI dan Pesawat Udara, TNI AL dhi. Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II melakukan Latihan bersama di Perairan Karang Unarang, Kalimantan Utara, Kamis (09/09).

Latihan tempur

Latihan tempur

Pada kegiatan drill kali ini melibatkan dua unsur KRI dari satuan kapal cepat Koarmada II yaitu Keris – 624 dan KRI Layang-635, satu KRI dari satuan patroli Lantamal XIII/ Tarakan KRI Pari-849 dan satu pesawat jenis Casa NC-212 No. Lambung U-6207 dari Skuadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal.

 

Latihan yang merupakan tingkatan teknis dan taktis ini dipimpin oleh Kepala Staf Guspurla Koarmada II Kolonel Laut ( P) Tony Herdijanto, yang onboard di KRI Layang-635 diawali Comms Check pada pukul 08.00 Wita agar Seluruh jaringan komunikasi unit bisa terjalin (comm establish).

Kolonel Tony, sapaan karib Kepala Staf Guspurla Koarmada II menyampaikan, ” Serial Drill yang dilaksanakan diantaranya ADEX (air defence exercise) yang mensimulasikan pesawat udara cassa bertindak sebagai bulsi musuh yang mengancam konvoi yang sedang berpatroli sehingga seluruh unsur melakukan peran bahaya udara. Bertindak sebagai AAWC ( _Anti Air Warfare Coordinator)_ adalah KRI Keris 624, yang bertugas mengatur laporan sergapan udara, formasi dan pengarahan senjata pertahanan udara, ” ungkapnya.

Pada pukul 09.05, Serial berikutnya adalah RAS  Approach sampai dengan _station keeping_ dengan KRI Layang 635 yang bertindak sebagai kapal penyuplai bahan bakar ( auxillary ship ) sedangkan KRI Keris-624 dan KRI Pari-849 sebagai kapal penerima.

“Serial latihan diakhiri dengan PHOTOEX (pengambilan angel foto dari udara oleh Pesud U6207) dengan _background_ Karang Unarang, tonggak suar Perbatasan RI-Malaysia di Blok Ambalat,” lanjut Kolonel Tony.

Baca Juga  Menuju 2024, Golkar Belum Tergoda Calon Lain, Airlangga Hartarto Capres

Ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, melalui Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Hersan, mengatakan, Latihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan tempur.

“Ini mengasah personil serta mengoptimalkan kerja sama dan koordinasi antar unit KRI dengan Pesawat Udara TNI AL yang beroperasi di bawah kendali operasi Guspurla Koarmada II,” ujarnya.

“Hal ini sangat penting dilakukan guna meningkatkan kerja sama taktik dan strategi operasi di lapangan yang terus berkembang untuk menghadapi ancaman dan tantangan yang dinamis dan semakin kompleks,” ujarnya.

(Pen/jrg)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

134720
Users Last 30 days : 5874
Users This Month : 5672
Views This Year : 22148
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.195.30.216
Server Time : 2024-03-29
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya