PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Negeri RUU Daerah Kepulauan Masuk Prolegnas 2021

Mencerdaskan & Memuliakan - September 12, 2021
Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Negeri RUU Daerah Kepulauan Masuk Prolegnas 2021
Wagub Marlin menjemput ketibaan Panitia Perancang Undang Undang DPD RI - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Wakil Gubernur Provinsi Kepri Hj Marlin Agustina dan Kadin Kepulauan Anambas yakin Daerah Kepulauan merupakan inisiasi DPD RI bisa disahkan secepatnya. Apalagi RUU itu menjadi salah satu dari dua usulan DPD RI yang masuk dalam Prolegnas 2021.

Pengesahan RUU Daerah Kepulauan itu akan mempercepat pembangunan Kepri sebagai daerah kepulauan.

“Kami harap RUU Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas Prioritas 2021 segera diundangkan. Ini semua untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama di provinsi atau kabupaten kota daerah kepulauan,” kata Wagub Marlin di Batam, Rabu (8/9).

Wagub Marlin menyampaikan hal itu usai menjemput ketibaan Panitia Perancang Undang Undang DPD RI yang dipimpin langsung Ketuanya, Badikenita B.R. Sitepu.

Hadir juga dalam penjemputan itu Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Ahmad. Tampak juga Kadis Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar dan Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Any Lindawaty.

Wagub Marlin berterima kasih dengan inisiasi DPD RI yang memperjuangkan RUU Daerah Kepulauan dan RUU BUMDes sehingga masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021.

Disahkannya kedua RUU itu menjadi Undang-undang diharapkan akan mempercepat laju pembangunan di Kepri.

“Sebagai daerah dengan laut seluas 96 persen dan lebih dari 2.000 pulau, kami yakin UU Daerah Kepulauan ini akan memacu dan memicu laju pertumbuhan ekonomi Kepri,” kata Wagub Marlin.

Wagub Marlin berharap RUU itu disahkan tahun ini juga. DPD RI, sebagai inisiator usulan RUU Daerah Kepulauan pasti akan mengawal dan mendorong percepatan pengesahannya.

Apalagi, kata Wagub Marlin, Kepri dengan dukungan Forkompinda dan seluruh komponen masyarakat terus bergerak membangkitkan dan memulihkan ekonomi.

Dengan diundangkannya RUU Daerah Kepulauan diyakini semakin mempercepat Kepri dalam memulihkan ekonomi.

Baca Juga  Pangkoarmada I Pimpin Sertijab Kepala Staf Koarmada I

Tempat terpisah Ketua Kadin Kabupaten Kepulauan Anambas Muh Nasrul Arsyad mengapresiasi kenerja DPD RI yang fokus mendorong terciptanya RUU Kepulauan dalam waktu dekat segera terwujud.

Dirinya menilai, udah saatnya negara memberi perhatian khusus kepada masyarakat yang tinggal di daerah kepulauan.

Pertimbangannya dimana selama ini, akses transportasi, akses ekonomi, dan pemberdayaan SDM sangat minim. Akibatnya, barang-barang kebutuhan pokok juga sangat mahal di sana. Dengan RUU ini, kelak masyarakatnya lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi.

“Tentu ini Kabar Baik Untuk Masyarakat Kita Wilayah kepulauan membutuhkan perhatian lebih khusus menyangkut penyediaan anggaran, prasarana, dan transportasi kelautan. Ini harus disiapkan agar mandiri secara ekonomi. Di daerah kepulauan harga barang lebih mahal daripada wilayah daratan. Ini terjadi karena tingginya biaya transportasi. Inilah yang menyebabkan daerah kepulauan jadi terbelakang secara ekonomi,” ungkap Nasrul.

Dengan hadirnya RUU Kepulauan, diharapkan aksebilitas terhadap pemenuhan kebutuhan dasar seperti pendidikan dan kesehatan yang baik, pulau-pulau kecil menjadi produktif, investasi pesisir dan pulau-pulau kecil, usaha mikro mandiri masyarakat pesisir.

(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 9 8 7 9
Users Today : 7
Users Yesterday : 4
Users Last 7 days : 266
Users Last 30 days : 1670
Users This Month : 29
Users This Year : 22387
Total Users : 89879
Views Today : 19
Views Yesterday : 4
Views Last 7 days : 400
Views Last 30 days : 2557
Views This Month : 44
Views This Year : 33200
Total views : 146903
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.223.3.251
Server Time : 2022-10-03
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya