PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

TNI AL Melepas Penyu Hijau Satwa Langka Ke Pulau Jemur

Mencerdaskan & Memuliakan - Agustus 15, 2021
TNI AL Melepas Penyu Hijau Satwa Langka Ke Pulau Jemur
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian satwa langka, Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Erwiory, pimpin pelepasan ribuan ekor anak penyu hijau atau yang disebut tukik di Pulau Jemur Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Sabtu (14/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E., mengatakan ” TNI AL disamping melaksanakan pengawasan di bidang pertahanan dan keamanan wilayah, juga berperan dalam melestarikan satwa langka untuk membantu pemerintah, salah satunya dengan melakukan konservasi penyu hijau, yang mana penyu hijau atau tukik ini merupakan salah satu hewan langka dan dilindungi, dan butuh pelestarian habitatnya.

“Pulau Jemur merupakan salah satu tempat habitat penyu hijau, sehingga kita berkewajiban untuk menjaga kelestarian satwa ini melalui konservasi agar tidak punah,” kata Danlanal TBA.

Lebih lanjut Danlanal TBA mengatakan Pulau Jemur adalah pulau terluar yang memiliki potensi cukup besar, salah satu potensinya sebagai destinasi wisata, namun terkendala dengan jaringan sinyal sehingga tidak bisa berkomunikasi dan tidak terdapat bangunan dermaga.

“Diharapkan kepada pemerintah daerah untuk bisa mengatasi dan mewujudkan kekurangan fasilitas tersebut,” harapnya.

Senada Bupati Rokan Hilir diwakili Sekdakab Rohil Job Kurniawan menyampaikan apresiasi terhadap konservasi penyu hijau yang dilaksanakan TNI AL Lanal TBA.

Pemkab Rohil siap bekerjasama dengan TNI AL dalam hal menjaga kelestarian satwa serta mewujudkan potensi wisata di pulau terluar di Sumatera yang berbatasan dengan Malaysia.

“Kami sangat bangga, wilayah laut kami diawasi oleh dua Pangkalan TNI AL yakni Lanal Dumai dan Lanal TBA. Kami siap bekerjasama dengan TNI AL,” ucapnya.

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah memberikan apresiasi kepada Lanal TBA yang turut serta berperan dalam pelestarian dan melindungi satwa langka Penyu.

Baca Juga  Tega Korupsi Dana Covid 19, KPK Geledah 4 Lokasi di Bandung Barat

“Sudah seyogyanya keberadaan Pangkalan TNI AL di daerah-daerah dapat berperan membantu pemerintah daerah untuk dalam berbagai hal, termasuk melindungi dan melestarikan ekosistem lingkungan hidup di wilayah masing-masing.”Tegasnya.
(Hms/jrg)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 6 6 0 5
Users Today : 16
Users Yesterday : 32
Users Last 7 days : 610
Users Last 30 days : 1894
Users This Month : 964
Users This Year : 19113
Total Users : 86605
Views Today : 26
Views Yesterday : 79
Views Last 7 days : 935
Views Last 30 days : 3023
Views This Month : 1416
Views This Year : 28138
Total views : 141841
Who's Online : 3
Your IP Address : 3.238.252.196
Server Time : 2022-08-13
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya