Headline

Wakil Bupati Natuna Pimpin Rapat Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

GURINDAM.ID- Periode pertama masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Natuna Wan Siswandi dan Rodhial Huda, membutuhkan focus visi misi dituangkan dalam Rancangan Awal RPJMD dasar pencapaian pembangunan.

Adapun Visi dan Misi yang diusung adalah ‘Terwujudnya Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten Maritim yang unggul, eksotis dengan Kemandirian Ekonomi Berdasarkan Nilai Religius dan Kultural’

Hal tersebut hanya dapat diwujudkan melalui kerjasama semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang saling mendukung sesuai kewenangan yang dimiliki berdasarkan peraturan dan perundang-undangan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda saat memimpin Video Conference Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Natuna Tahun 2021-2021, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu (07/07/2021).

Kegiatan tersebut diikut pula oleh Asisten I Setda Kabupaten Natuna, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait dan para camat se-Kabupaten Natuna.

Rodhial Huda memaparkan bahwa tujuan RPJMD diantaranya adalah untuk peningkatan daya saing sumberdaya manusia untuk menunjang peningkatan daya saing wilayah.

Selain difokuskan pula pada tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai upaya, seperti pengelolaan kawasan perbatasan yang aman, strategis dan eksotis, peningkatan pembangunan infrastruktur untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antar wilayah.

“Pemerintah daerah juga akan focus peningkatan kualitas lingkungan hidup mendukung kehidupan masyarakat, mengingat saat ini Natuna sudah ditetapkan sebagai salah satu Geopark Nasional,” ujar Rodhial dalam rapat.

Dia mengatakan, Di Segi aparatur dan pemerintahan, Rodhial Huda juga menerangkan bahwa diperlukan terobosan dan optimalisasi tata Kelola pemerintahan baik dan professional.

Seiring kemajuan teknologi dan informasi yang diharapkan mampu memberi pengaruh positif terhadap efektfitas dan efisiensi pelaksanaan tugas, Rodhial Huda juga berharap agar seluruh Sektor untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi digital bagi semua sektor.

Namun diakui bahwa untuk merealisasikan hal tersebut, dibutuhkan pula peningkatan mutu jaringan seluler/ akses internet bagi seluruh wilayah Kabupaten Natuna, dan hal tersebut merupakan salah satu focus yang akan terus diupayakan untuk dipenuhi, agar kedepan konektivitas antar pulau dapat terselenggara lebih baik.

Disektor ekonomi masyarakat, Rodhial Huda mengatakan bahwa harus ada upaya strategis pemasaran hasil laut Natuna, mengingat sector perikanan merupakan salah satu unggulan diharap menjadi pendapatan asli daerah.

Namun Rodhial juga mengakui bahwa untuk meningkatkan sector perikanan, pengamanan laut dan perbatasan juga harus terwujud, terutama bagi memaksimalkan hasil potensi perikanan sekaligus rasa aman bagi masyarakat nelayan tempatan untuk beroperasi di Kawasan perairan.

(Diana)

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

3 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.