ANAMBAS

Usai Lapor Presiden, Wabup Anambas Tekankan Camat Hingga RT RW Perketat Penerapan Prokes

Anambas, Gurindam.id – Paska melaporkan kondisi penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Anambas kepada Presiden Jokowi, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra langsung mengambil langkah tegas.

Ia menekankan kepada seluruh perangkat pemerintah daerah mulai dari camat, kepala desa hingga RT dan RW memperketat penerapan standart Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Hal itu dilakukan guna mencegah makin meluasnya penularan virus asal Wuhan China itu.

Langkah penekanan itu disampaikan Wan Zuhendra kepada gurindam.id, usai menggelar rapat koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor Bupati, Pasir Peti, Kamis, 20 Mei 2021.

Menurut Wan, sejatinya pencegahan penularan Covid-19 itu telah dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Maka dari itu ada surat keputusan yang dikeluarkan Bupati Kepulauan Anambas tentang pembatasan untuk berkumpul atau mengadakan acara atau kerumunan melebihi dari tiga puluh orang,” sebut Wan Zuhendra.

Saat ditanya apakah pihaknya melakukan penekanan khusus kepada Kades, lurah,  RT dan RW, Wan mengatakan bahwa surat keputusan bupati tersebut secara otomatis wajib ditindaklanjuti oleh camat, lurah, desa, dan RT RW, karena surat edaran tersebut melalui camat lalu ke desa-desa dan diteruskan ke RT RW.

Selanjutnya kata politisi PDIP itu, RT RW melakukan himbauan kepada masyarakatnya langsung, agar menghindari kerumunan dalam jumlah yang besar, tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengundang keramaian.

Sementara itu untuk diketahui, Bupati Kepulauan Anambas, mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor: 28/Kdh.KKA.680/05.2021 tentang pemberlakuan jam malam dalam rangka pencegahan pengendalian Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Surat tertanggal 19 Mei 2021, itu mulai berlaku 20 Mei 2021.

Dalam surat tersebut berlaku penerapan jam malam antara pukul 20.00 s/d 04.00 khusus di empat kecamatan yakni, Siantan, Palmatak, Jemaja dan Kecamatan Siantan Timur.  Selama pemberlakuan jam mala tersebut masyarakat dilarang melakukan aktifitas di luar rumah.

Sebelumnya, Wan Zuhendra melaporkan kepada Presiden Jokowi tentang kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepuluan Anambas.  Wan mengatakan, tinggi penyebaran virus corona di Kepulauan Anambas pada belakangan terakhir, disebabkan banyak hal. Salah satunya dikarenakan tidak patuhnya masyarakat terhadap protokol Covid-19.  Meskipun demikian, pihaknya terus berupaya penyebaran Covid-19 di Anambas ini bisa ditekan.

(grd/des/din)

Nasrul

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

3 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.