PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Dua Tengker Pengangkut Kontainer Tabrakan di Perairan Bintan Semua ABK Selamat

Mencerdaskan & Memuliakan - Mei 8, 2021
Dua Tengker Pengangkut Kontainer Tabrakan di Perairan Bintan Semua ABK Selamat
istimewa - (Ist)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Dua tanker pengangkut kontainer mengalami insiden tabrakan di sekitar Perairan Lagoi Bintan, Kepulauan Riau, pada Jumat dini hari, 7 Mei 2021.

Dua kapal itu adalah MV Sinar Solo dan MV Taho Australia yang membawa kargo dan tengah dalam perjalanan menuju tujuan masing-masing.

Saat ini, pihak Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjunguban telah melakukan evakuasi tabrakan kapal di perairan Lagoi. Laporan kecelakaan tersebut langsung diterima oleh KN Rantos-P.210.

Dari informasi yang diberikan Kepala Penjagaan Laut dan Panntai Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian menjelaskan, VTS Batam itu, kapal MV Sinar Solo dan MV Taho Australia telah mengalami tabrakan pada koordinat 01° 15.4575′ N/ 104° 20. 4531 E.

Setelah mendapat informasi tersebut, nakhoda KN Rantos-P.210 meneruskan kepada Kasubsi Operasi Tanjunguban Nasir Atamimi SH, dan diinfokan kepada Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjunguban Capt Handry Sulfian MM.

Selanjutnya, Capt Handry Sulfian memerintahkan KN Rantos-P.210 melalui Kasubsi Operasi, agar segera bergerak ke lokasi kejadian musibah. KN Rantos-P.210 tiba di lokasi musibah, pada pukul 04.30 WIB.

“Tabrakan ini menyebabkan lambung kanan MV Sinar Solo mengalami kerusakan,” kata Handry Sulfian, Kepala PPLP Kelas II Tanjunguban melalui keterangannya.

Handry Sulfian menjelaskan, pihaknya memerintahkan KN Rantos-P.210 bergerak ke lokasi kejadian kecelakaan.

KN Rantos-P 210 tiba di lokasi pada pukul 04.30 dan langsung menyisir ke sekitar lokasi musibah. Di lokasi kejadian, tidak ditemukan adanya korban jiwa.

“Di tempat kejadian, kedua kapal berlabuh jangkar, tidak jauh dari lokasi musibah,” katanya.

Selanjutnya, Handry Sulfian beserta awak rescue boat tiba di lokasi kejadian pada pukul 07.00 dan melakukan peninjauan sampai sejauh mana timbul kerusakan. MV Taho Australia selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Singapura dan MV Sinar Solo melakukan lego jangkar hingga ada persetujuan melanjutkan perjalanan.

Baca Juga  Diskusi di Badan Keahlian DPR RI, Manajemen Pelaksana Jelaskan Program Kartu Prakerja

Berikutnya, kapal patroli KN Rantos P210 meluncur menuju lokasi kejadian pada pukul 02.00 WIB dan tiba pukul 04.36 WIB. “Tidak ada korban jiwa dan tidak ada tumpahan minyak,” ujarnya “Semua KRU dalam keadaan selamat.” sebutnya.

Karena informasi yang diberikan VTS Batam telah cukup lengkap dan jelas, menurut Handry, penyelamatan dapat dilakukan dengan cepat.

Saat ini, kata Handry, posisi MV Solo sudah dalam keadaan lego jangkar di sekitar Utara Perairan Bintan. Sementara MV Taho Australia meneruskan pelayarannya ke Singapura karena kondisi kapal baik-baik saja dan tidak mengalami kerusakan.

Adapun MV Sinar Solo berada dalam pengawasan KN Rantos P210 dan sudah melapor pada pihak perusahaan untuk melakukan survei terkait kondisi kapal laik.

Survei ini diperlukan untuk mengetahui layak atau tidaknya meneruskan pelayaran dari Singapura menuju Bangkok-Thailand.

“VTS Batam juga menginformasikan bahwa kedua agen kapal tersebut sudah melakukan koordinasi,” kata Handry. (Jrg/gr)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

128911
Users Last 30 days : 5570
Users This Month : 5240
Views This Year : 13798
Who's Online : 1
Your IP Address : 104.222.185.38
Server Time : 2024-02-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya