PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Negara Sahabat Dari Presiden China Xi Jinping, Vladimir Putin Ucapkan Duka Nanggala 402

Mencerdaskan & Memuliakan - April 27, 2021
Negara Sahabat Dari Presiden China Xi Jinping, Vladimir Putin Ucapkan Duka Nanggala 402
ilustrasi Kapal Selam - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Sejumlah negara sahabat ikut berbelasungkawa atas insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402.

Dilansir dari Kantor Berita ANTARA, Presiden China Xi Jinping mengirimkan ucapan duka cita kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, Selasa, atas musibah yang dialami kapal selam Nanggala-402.

Dalam pesan singkatnya kepada Presiden Jokowi, orang nomor satu di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu mengaku terkejut mengetahui kapal selam milik Angkatan Laut Indonesia tenggelam di dasar laut hingga menyebabkan gugurnya para awak yang bertugas.

Atas nama pemerintah dan rakyat China serta secara pribadi, Xi menyatakan duka cita yang sangat mendalam kepada para korban.

Presiden Xi juga menyampaikan rasa simpati yang tulus kepada pihak keluarga yang sedang berduka.

Kapal selam Nanggala-402 buatan Jerman tahun 1977 itu hilang kontak di perairan laut wilayah utara Bali pada Rabu (21/4).

Sejak saat itu, tim SAR bersama TNI-AL dan bala bantuan dari Amerika Serikat, Australia, dan Singapura melakukan pencarian secara besar-besaran.

Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Nanggala-402 akhirnya dinyatakan berstatus “subsunk” atau tenggelam di kedalaman 838 meter dan 53 awaknya dinyatakan gugur dalam tugas pada Ahad (25/4).

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo sehubungan dengan tenggelamnya KRI Nanggala-402. Kapal selam dinyatakan tenggelam, setelah hilang kontak saat melakukan latihan di perairan Bali.

“Presiden Rusia meminta untuk menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan sahabat para pelaut yang tewas serta masyarakat Indonesia,” kata Kremlin dalam sebuah pernyataan di laman resmi mereka pada Selasa (27/4/2021).

Sebelumnya, ucapan duka cita juga disampaikan oleh Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin. Hal serupa dari Amerika Serikat (AS), turut mendoakan para keluarga awak kapal. Begitu pula Inggris, Singapura, Turki, Mesir, dan sejumlah negara lainnya.

Baca Juga  Belum puas, Kejagung ajukan Kasasi atas terdakwa kasus Jiwasraya

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin ikut berduka atas gugurnya 53 tentara Indonesia dalam tragedi tenggelamnya kapal selam Nanggala-402.

(jrg)

Sumber: Antara/Wartaekonomi

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

2 Komentar pada “Negara Sahabat Dari Presiden China Xi Jinping, Vladimir Putin Ucapkan Duka Nanggala 402”

  1. […] wawancara bahlil dengan detik.com disalin ulang Gurindam.id Rabu, (28/4/2021) […]

  2. […] “Maka saya akan terus bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membicarakan hambatan-hambatan yang mungkin akan ditemui oleh para pengusaha yang bergerak di bidang ini. Bagi saya tentunya adalah jaminan layanan perizinan dapat diberikan dengan baik. Maka saya sedang mengadakan pola pendekatan sistem,” kata Gubernur Ansar. […]

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136852
Users Last 30 days : 2932
Users This Month : 1936
Views This Year : 24881
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.238.117.130
Server Time : 2024-04-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya