Headline

FOTO: KPK Sita Uang Tunai Puluhan Miliar dugaan suap izin ekspor benih lobster

GURINDAM-ID– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang tunai senilai Rp 52,3 miliar yang diduga berkaitan dengan kasus dugaan suap penetapan izin ekspor benih lobster atau benur.

KPK menduga, uang puluhan miliar itu bersumber dari para eksportir benih lobster yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Hari ini (15/3/2021), tim Penyidik KPK melakukan penyitaan aset berupa uang tunai sekitar Rp 52,3 miliar, diduga berasal dari para eksportir yang telah mendapatkan izin dari KKP, untuk melakukan ekspor benih bening lobster tahun 2020,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (15/3/2021).

KPK menduga, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang kini menyandang status tersangka memerintahkan Sekretaris Jenderal KKP untuk membuat surat perintah tertulis, terkait dengan penarikan jaminan bank atau bank garansi dari para eksportir.

“Hal itu dimaksud kepada Kepala BKIPM (Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan),” ujar Ali.

Selanjutnya Kepala BKIPM memerintahkan Kepala Kantor Balai Karantina Besar Jakarta I Soekarno Hatta untuk menerima Bank Garansi tersebut.

Dengan adanya kerja sama terkait penyitaan uang hingga puluhan miliar rupiah ini, KPK mengapresiasi Bank BNI 46 atas kerjasama dalam upaya penyelesaian perkara dugaan korupsi ini.

“Pemberantasan Korupsi membutuhkan peran serta masyarakat,” ujar Ali.

KPK Sita Aset Senilai Rp 52,3 Milyar
Dari Eksportir benih bening lobster foto: istimewa

Terlihat sejumlah petugas KPK tampak keluar Dari salah satu Bank menuju kantor KPK, Gurindam.id menghimpun foto foto tersebut.

Terlihat petugas yang damping petugas keamanan sendang mengendong tumpukan uang dengan membawa tumpukan puluhan milar uang pecahan 100 ribu di bungkus dengan plastik dibantu mengunakan troli dorong. (Ria/mks)

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.