PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Wakil Jaksa Agung Setia Untung: Tujuh Strategi Keberhasilan Bangun Zona Integritas

Mencerdaskan & Memuliakan - Maret 9, 2021
Wakil Jaksa Agung Setia Untung: Tujuh Strategi Keberhasilan Bangun Zona Integritas
 - (Setia Untung Arimuladi, SH. M.Hum)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi mengingatkan salah satu kegagalan maupun keberhasilan mencapai zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) diantaranya karena kurangnya tranparansi Informasi Publik.

“Penyebab lainnya adalah, komitmen diragukan, sinergitas tim kerja lemah, hasil survei IPK IKM oleh BPS tidak memenuhi syarat serta kanal pengaduan tidak aktif, masih ditemukan kasus yang tidak sejalan dengan upaya pemberantasan korupsi, kondisi sarana dan prasarana kurang baik, minim inovasi dan pemenuhan kualitas, dan dokumen pendukung yang disajikan tidak lengkap,” kata Setia Untung dalam keterangannya, Jakarta, berapa waktu lalu.

Setia untung mengatakan, kunci keberhasilan pembangunan zona integritas harus diawali dengan komitmen pimpinan, lalu komitmen unsur staf dan jajaran selaku agen-agen perubahan, kemudian soliditas tim kerja, serta dukungan data dan kelengkapan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) harus sesuai dan lengkap.

“Selain itu Membuat Program kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, hasil survei mandiri Indeks Persepsi Korupsi, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Kanal Pengaduan harus berfungsi dengan baik dan direspon secara cepat, kemudian membuat inovasi upaya perbaikan publik dan pencegahan korupsi budaya kerja,” ungkapnya.

Lalu, membuat strategi komunikasi atau manajemen media, serta melibatkan semua pihak tanpa terkecuali, dan intensitas kerjasama yang akuntabel, kemudian mengedepankan integritas dan profesionalisme, stop pungli, serta masyarakat merasa puas atas kinerja yang dilakukan.

Selanjutnya kata Setia Untung yang pernah mendapat penghargaan WBK, WBBM karena keberhasilannya merubah wajah Badiklat Kejaksaan RI itu.

Untuk berhasil membangun zona integritas menuju WBBM ada tujuh program prioritas Jaksa Agung Tahun 2021 yang harus dapat diimplementasikan oleh seluruh jajaran dalam rangka mewujudkan unit kerja yang berpredikat WBK, WBBM tersebut.

Baca Juga  Jaksa Agung Perintahkan Jajaran Tuntut Pelanggar Prokes

“Pertama, pendampingan dan pengamanan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam rangka percepatan pembangunan nasional, kedua, pengawasan dan penegakan disiplin untuk mewujudkan kejaksaan yang bersih dan profesional.

Ketiga, pembentukan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan manajemen karir yang jelas, terstruktur dan transparan, serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang tematik,” tuturnya.

Keempat lanjutnya, digitalisasi kejaksaan untuk sistem kerja yang efisien, transparan, akuntabel, dan berbasis teknologi informasi.

Kelima, penegakan hukum yang berkeadilan, serta memberikan kemanfaatan, khususnya dalam upaya memulihkan korban kejahatan dan memperbaiki perilaku.

Keenam, penanganan perkara Tindak Pidana korupsi yang berkualitas dan berorientasi penyelamatan keuangan negara.

Dan, yang ketujuh, penyelamatan penyelesaian perkara dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang berat secara tuntas, bermartabat, dapat diterima oleh berbagai pihak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terang Setia Untung.

“Untuk itu kata kunci sebuah keberhasilan yakni bekerja yang paripurna adalah cara kita mendidik bawahan untuk mampu bekerja secara profesional berintegritas dan berkarya dengan ikhlas,” imbuhnya.

Bahwa sebuah zona integritas dibentuk untuk mengubah lingkungan kerja menuju lebih baik, tidaklah mudah untuk memberikan pelayanan terbaik apalagi ditengah pandemi seperti ini, dibutuhkan komitmen bersama.

“jangan hanya pimpinan atau kepala saja yang berkomitmen tapi seluruh jajaran harus berkomitmen,” tegasnya. (Hsm)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 6 5 6 4
Users Today : 7
Users Yesterday : 50
Users Last 7 days : 615
Users Last 30 days : 1877
Users This Month : 923
Users This Year : 19072
Total Users : 86564
Views Today : 10
Views Yesterday : 78
Views Last 7 days : 895
Views Last 30 days : 2971
Views This Month : 1321
Views This Year : 28043
Total views : 141746
Who's Online : 1
Your IP Address : 54.36.149.58
Server Time : 2022-08-12
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya