GAGASAN

Alois Wisnuhardana: Pandemi Perang

Oleh: Alois Wisnuhardana,
Happy Eximbanker, personal note

GURINDAM.ID- Pandemi kali ini adalah suatu medan perang yang aneh. Seluruh dunia tahu musuhnya siapa. Setiap orang, setiap bangsa, berusaha mengalahkannya.

Anehnya, meski musuhnya sudah diketahui bersama, setiap bangsa seperti juga “saling berperang” untuk menjadi terdahulu menyatakan diri pemenang.

Ini sebuah perang yang aneh, karena setiap orang, setiap bangsa, seperti berperang melawan bayang-bayang.

Musuh tidak kelihatan. Tidak bisa diendus, tidak bisa dilihat. Tiba-tiba ia datang menyergap, dan siapa saja yang diserang segera tumbang.

Banyak jiwa melayang. Tapi tidak sedikit yang melawan balik — malah lebih banyak yang kemudian menang.

Tertolong, ditolong, oleh kekuatan di dalam dirinya. Prajurit-prajurit di dalam tubuhnya melawan musuh yang datang, dan dalam selintasan waktu, musuh lintang pukang.

Maka tak heran, banyak orang tak sadar bahwa musuh sudah datang dan menyerang, dan mereka yang seperti ini tetap tenang-tenang.

Manusia mencari cara melawan musuh sebisa-bisanya. Satu musuh ditawan, dilemahkan, dilumpuhkan, lalu diinjeksikan ke dalam tubuh supaya membangkitkan perlawanan dari pasukan-pasukan di dalam tubuh.

Itulah satu-satunya cara yang hingga hari ini dikenal dan diketahui orang untuk melumpuhkan musuh tak kelihatan itu.

Dengan disuntikkan ke dalam tubuh, manusia dibekali sel pengingat atau sel memori, yang akan memberi mereka “kode keras” jika ada musuh serupa yang datang menyerang.

Kode keras ini membangunkan pasukan-pasukan untuk bertarung melawan virus yang datang lebih kuat, lebih ganas, lebih kejam, daripada yang dulu pernah disuntikkan dalam keadaan lemah atau lumpuh.

Begitulah yang hari ini sedang dilakukan bangsa-bangsa, demi menyelamatkan nyawa anggota-anggotanya.

Rakyatnya. Demi membalikkan lagi keadaan seperti sedia kala. Demi menuju masa damai yang terbebas dari suasana perang.

Alam berpikir kita selama ini mengasosiasikan perang dengan desingan peluru dan bunyi mesiu. Senapan serbu atau tank-tank pemburu.

Namun perang kali ini adalah perang yang senyap. Senjata manusia hanyalah suntikan jarum, masker penutup mulut dan hidung, serta cairan pencuci tangan yang bisa menghalau musuh.

Tiap manusia, tiap bangsa, berusaha menyelamatkan diri sebaik-baiknya. Perang sudah terlalu lama, dan meluluhlantakkan setiap kenormalan berpikir dan bekerja.

Dulunya, orang bekerja kalau tidak masuk diancam sanksi. Sekarang, kalau masuk justru bisa dikenai sanksi. Dulu, perang adalah memanggul senjata.

Sekarang, cukup klesetan di rumah saja. Dulu, setiap mendengar hal positif, kita bersorak bergembira.

Kini, sebaliknya. Dulu, semboyannya “Merdeka ataoe Mati”, sekarang, “Maskeran atau Mati”.

Perang kita sepertinya sedang memasuki detik-detik di simpang jalan. Tanda-tanda kemenangan sudah terlihat. Penangkal sudah didapat, meskipun belum tentu seratus persen tepat.

Tanda-tanda kemenangan juga dapat dibaca, ketika manusia yang bisa menang melawan musuh jauh lebih banyak ketimbang yang tumbang.

Mereka yang sedang terserang atau merasa diserang, sudah membuat tanggul pertahanan kokoh karena banyak cara dan jurus beredar di mana-mana.

Dengan obat ini, dengan minum itu, dengan apa saja yang dirasa masuk akal.

Tanda-tanda musuh datang sudah banyak diketahui. Nafasmu tersengal, atau batuk batuk, atau hilang rasa dan bau, atau meninggi suhu tubuhmu. Yang paling khas, adalah hilangnya rasa dan bau di mulut dan hidungmu.

Tapi rupanya musuh belakangan menggila. Ia makin luas menyerang. Tiap-tiap orang, tak lagi tahu dari mana atau lewat siapa musuh itu menyerang dirinya. Sudah terlalu kacau balau situasinya. Yang bisa dia lakukan hanyalah melawan sebisa-bisanya. Sekuat-kuatnya. Sembari menunggu perang mereda.

Akan tetapi, ketika perang sudah mereda nantinya, medan perang selanjutnya telah menanti. Hidup seperti apa yang harus kita jalani ketika masa damai telah tiba? Akankah tetap sama atau sudah berbeda sama sekali? Bagaimana kita harus beradaptasi?

Bagaimana kita menyesuaikan diri?

Karena begitu musuh tak kelihatan telah teratasi, musuh berikutnya adalah di antara sesama manusia sendiri. Di antara sesama bangsa-bangsa. Kerusakan yang ditimbulkan oleh perang melawan bayang-bayang, sudah terlalu dalam merusak tatanan lama. Setiap bangsa, ingin menjadi pemenang.

Beruntung, manusia memiliki suatu kodrat untuk mencari dan menjadi teman bagi yang lain.

Perkara peliknya, tentu bagaimana membangun kesadaran yang lebih luas, supaya dalam level yang lebih luas, komunitas, kelompok, wilayah, bangsa, ia dan setiap orang di dalamnya, tetap menunaikan kodratnya itu: mencari dan menjadi teman.

Sudah siapkah Anda?

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.