KPU Gelar Simulasi Pilkada, dikawal Ketat Polres Natuna

Mencerdaskan & Memuliakan - November 22, 2020
KPU Gelar Simulasi Pilkada, dikawal Ketat Polres Natuna
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)

GURINDAM.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara, Pilkada Serentak Tahun 2020, di TPS 2 Lapangan Desa Harapan Jaya dikawal ketat Polres Natuna, Sabtu (21/11/2020).

Acara tersebut diikuti oleh seluruh warga desa harapan Jaya dan dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang kawal ketat pihak Polres Natuna.

Terlihat para pemilih sebelum memasuki area pemilihan, terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh dan diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Menurut Ketua KPU Natuna Juneidi Abdillah, dirinya mengatakan, simulasi ini dilakukan serentak secara nasional setiap daerah yang melakukan Pemilukada. Nama TPS dan jumlah DPTnya sudah ditetapkan oleh KPU RI sesuai kondisi ril yang ada di Desa setempat.

“Pada Pemilukada tahun 2020 ini merupakan yang baru sekali karena Pemilihan dilakukan di tengah wabah kondisi pandemi covid-19 yang pelaksanaannya berbeda, baik di TPS maupun perlakukan kepada pemilih juga berbeda,” ujar Junaidi.

 

Junaidi mengungkapkan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan secara serentak se-Indonesia.

Simulasi ini untuk memantau dan memastikan prosedur pencoblosan di TPS bisa sesuai khususnya dari segi protokol kesehatan.

“Di setiap TPS di masa pandemi ini, ada garis pembatas untuk menjaga jarak,” kata Junaidi. Sehingga jangan sampai ada kerumunan, termasuk disediakan tempat mencuci tangan.

Sementara Wakapolres Natuna Kompol Wisnu Edhi Sadono, mengatakan kegiatan simulasi tersebut menjelaskan bahwa dalam setiap tahapan kegiatan simulasi para personil pengamanan Pilkada dapat melatih diri bagaimana nantinya menghadapi Pilkada pada TPS yang sebenarnya.

“Dengan belajar simulasi ini kita dapat mengetahui kondisi sebenarnya dilapangan pada pemungutan suara sehinga kita bisa mengantisipasi dan mengatasi segala kejadian yang terjadi,” ujar Wakapolres Kompol Wisnu Edhi Sadono.

Baca Juga  Terapkan Politik Santun, Eddy Rasmadi Sambangi Elit Politik Lingga

Tambah Edhi Wisnu merincikan, tiap TPS disesuaikan dengan pola dan untuk simulasi kali pakai pola 2:3:6 (2 Polri – 3 TPS – 6 Linmas.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Wakil Bupati Natuna  Ngesti Yuni Suprapti,  Ketua KPUD Natuna Junaedi Abdillah, Ketua Bawaslu Kab. Natuna Khairulrijal,  Kadisdukcapil Natuna Ilham Kauli, Kaban Kesbagpol Natuna Mukhtar Ahmad. (Ron)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X