PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Momentum Hari Kesaktian Pancasila Guspurla Resmikan Taman Bacaan Warga Natuna

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 1, 2021
Momentum Hari Kesaktian Pancasila Guspurla Resmikan Taman Bacaan Warga Natuna
Para Taruna Sedang menunjukan sebuah buku kepada Generasi Natuna di Kecamatan Pulau Tiga - (Foto: Gurindam.id)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Jum’at siang bertepatan momentum hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021. Warga Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga mendapatkan kado spesial berupa Taman Bacaan Masyarakat (TBM) diberi nama Saung Pintar-262 oleh TNI Angkatan Laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terpancar dari raut wajah warga serta anak anak terlihat riang gembira saat itu baru saja Saung pintar telah diresmikan langsung oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) 1 Laksma TNI Dato Rusman SN.

Danguspurla di dampingi Komandan Lanal Ranai Kolonel (P) Dofir dalam sambutannya mengatakan, dibangunnya taman bacaan serta dilengkapi sarana bermain anak ini bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang rajin membaca dan cerdas.

Menurutnya, penyediaan taman bacaan penting dilakukan untuk melahirkan generasi-generasi desa yang unggul.

“Pembangunan Indonesia yang merata, adil, dan makmur harus diawali dengan pendidikan dan kesehatan. Nah taman bacaan ini berangkat dari bagaimana menciptakan SDM yang cerdas dan unggul. Caranya adalah dengan rajin membaca,” ujar Laksma TNI Dato Rusman.

Dia menambahkan pada momentum ini dirinya memberikan Motivasi dan semangat dihadapan para Taruna dan taruni serta warga setempat dimana, Banyak orang sukses dan cerdas karena kecintaan mereka membaca buku dan tentunya dengan belajar. Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya.

Pembangunan TBM Saung Pintar-262 tersebut merupakan kerjasama antara TNI-AL bersama PT Bahari Bersama Mandiri (BBM) Group dipersembahkan untuk masyarakat Maritim Pulau Tiga.

“Saya berharap sarana ini dapat dimanfaatkan dengan baik, Kita akan terus melengkapi buku bacaan baik SD, SLTP, SLTA, hingga pengetahuan umum bagi orang tua ada disini, Kita juga akan pasang TV 60 inci dan sarana Cafetaria,” ujar Laksma TNI Dato Rusman.

Baca Juga  Sweeping Kendaraan, TNI Berhasil Amankan Pelaku Pembawa Narkoba

Tidak hanya itu, Warga juga disuguhkan hiburan inspirasi melalui Drumband Genderang Seruling Gita Jala oleh Taruna Akademi Angkatan Laut (ALL) yang ikut bersama KRI Bima Suci menyapa warga pulau Natuna.

Saung Pintar-262 itu berupa Bangunan beton berwarna putih dengan ukuran bangunan 6×12 meter serta lengkap didalam ruangan baca terdapat dua Kipas angin dinding, Rak buku, meja serta sarana belajar.

Setidaknya upaya Angkatan laut dengan hadir taman bacaan itu dapat mendorong minat Literasi warga Maritim di Pulau Tiga meraih ilmu membuka cakrawala serta pengetahuan bagi generasi penerus bangsa.

Jendral Bintang satu peraih Adhi Makayasa AAL 1994 itu juga mendoakan para generasi muda di Natuna akan lahir para generasi taruna taruna asli putra putri Natuna.

“Belum pernah ada muncul perwira dari Natuna Pulau Tiga ini, Kita Do’akan semoga dapat terwujud, tentunya harapan kita dengan penguatan Literasi ini kepada generasi Natuna agar menjadi lebih baik sehingga bangsa ini disegani oleh Bangsa dunia,” pungkasnya.

Sementara Camat Pulau Tiga, Sudirman dalam sambutannya mengaku bersyukur atas terbangunnya TBM di wilayah kerjanya.

Dirinya berkomitmen akan senantiasa membantu pihak TNI-AL dan PT BBM Group dalam pengelolaan fungsi TBM Saung Pintar 262.

‚ÄúTerimakasih atas bantuan TBM ini, kami dari pihak Kecamatan siap membantu pengelolaan BM Saung Pintar,” pungkasnya.

Usai meresmikan Taman Bacaan cerdas, Guspurla bersama Para Pejabat TNI AL berkesempatan memberikan bantuan sembako bagi warga desa dengan Jumlah sembako 360 paket sembako terdiri dari Gula, Beras, Minyak goreng, Susu kental dan Mie instan.

Turut hadiri dalam peresmian itu Komandan KRI Diponegoro-365, Widia perwakilan PT Bahari Bersama Mandiri (BBM) Group, Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, Palaklat KJK AAL Letkol Laut (P) Pungki, KRI TUM Letkol Laut (P) Nyoman gede Pradnyana, KRI STS letkol laut (P) Foruq dedi, KRI DPN Letkol Laut (P) Adam Tjahja, Kepala desa serta warga setempat.
(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 4 1 4 4
Users Today : 14
Users Yesterday : 19
Users Last 7 days : 291
Users Last 30 days : 1733
Users This Month : 1611
Users This Year : 16652
Total Users : 84144
Views Today : 26
Views Yesterday : 30
Views Last 7 days : 484
Views Last 30 days : 2757
Views This Month : 2560
Views This Year : 24249
Total views : 137952
Who's Online : 0
Your IP Address : 34.239.167.149
Server Time : 2022-06-30
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya