PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Pemerintah Kabupaten Natuna Gelar Konsultasi Publik RPJPD 2025 sampai 2045

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 18, 2023
Pemerintah Kabupaten Natuna Gelar Konsultasi Publik RPJPD 2025 sampai 2045
Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko, dalam rangka konsultasi publik penyusunan Rancangan Anggaran Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Natuna - (Istimewa)
RajaBackLink.com

NATUNA – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Natuna, mengadakan konsultasi publik penyusunan rancangan anggaran awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Natuna Tahun 2025 – 2045, di Hotel Adiwana Jelita Sejuba,Jum’at (15/12/2023).

Turut hadir, Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko, dalam rangka konsultasi publik penyusunan Rancangan Anggaran Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Natuna Tahun 2025 – 2045.

RPJPD yang merupakan penjabaran dari visi misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusul dengan berpedoman kepada RPJPN.

“Kurun waktu RPJPD sesuai dengan kurun waktu RPJPN dan juga sesuai dengan kurun waktu RPJPD Provinsi yang telah ditetapkan nantinya dengan peraturan daerah. Wajib menjadi pedoman dalam merumuskan materi visi dan misi program calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada saat Pilkada sesuai dengan pasal 40 Permendagri 86 Tahun 2017,” jelas Sekda.

Selain itu Forum Konsentrasi Publik RPJPD Kab HSS 2025 – 2045 bertujuan untuk menghimpun saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah yang hasilnya akan menjadi input strategis dalam penyusunan rancangan akhir RPJPD.

Menurutnya, transparansi pemerintah daerah dalam mendengar aspirasi publik memiliki peran penting dalam mengarahkan pembangunan daerah ke arah yang diharapkan.

Pada kesempatan tersebut, Wijanarko juga menekankan pentingnya perencanaan yang memperhatikan regenerasi pembangunan.

Hal ini mengingat bahwa pada tahun 2045, kepemimpinan daerah akan dipegang oleh generasi milenial, sehingga rencana pembangunan saat ini harus mempertimbangkan kebutuhan dan aspirasi generasi tersebut.

Di sisi lain, Plt Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Daerah, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Ir. Suprayitno, MA, sebagai Keynote Speaker dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa RPJPD harus sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga  Ziarah Ke Makam Syeh Syarif Ainun Naim Belakang Padang Batam

Bagi Natuna, sebagai wilayah terdepan, peranannya penting dalam mengembangkan potensi lokal dan memajukan kesejahteraan masyarakat setempat.

Suprayitno menekankan bahwa setiap daerah memiliki potensi lokal dan masalah sosial yang berbeda, sehingga pendekatan pembangunan harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah.

Sinkronisasi perencanaan pembangunan dari tingkat daerah hingga pusat menjadi kunci dalam menyamakan langkah pembangunan menuju visi bersama.

Acara ini ditandai dengan penyampaian rencana pembangunan Kabupaten Natuna oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, diikuti oleh dialog dan diskusi publik bersama forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta partisipasi aktif dari masyarakat.

(Hms)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137516
Users Last 30 days : 2822
Users This Month : 2600
Views This Year : 25846
Who's Online : 0
Your IP Address : 40.77.167.9
Server Time : 2024-04-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya