PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Perluas Akses Pertamina, Presiden Ingin Tingkatkan Kerja Sama Energi di Tanzania

Mencerdaskan & Memuliakan - Agustus 23, 2023
Perluas Akses Pertamina, Presiden Ingin Tingkatkan Kerja Sama Energi di Tanzania
keterangan pers bersama Presiden Tanzania Samia Suluhu di Dar Es Salaam, Selasa, 22 Agustus 2023. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.id- Dalam kunjungan resminya ke Tanzania, Presiden Joko Widodo mengatakan ingin meningkatkan nilai investasi di Tanzania dalam bidang energi melalui BUMN Pertamina. Demikian disampaikannya saat menyampaikan keterangan pers bersama Presiden Tanzania Samia Suluhu di Dar Es Salaam, Selasa, 22 Agustus 2023.

“Indonesia ingin tingkatkan investasi di Tanzania termasuk dalam pengelolaan Blok Gas Mnazi Bay oleh BUMN Indonesia dan pengolahan gas alam menjadi bahan kimia dan pupuk,” jelas Presiden melalui keterangan Vice President Corporate Communication, PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso.

Kepala Negara menilai bahwa investasi dalam bidang tersebut sangat strategis dan dapat memperkuat kerja sama antarnegara berkembang.

“Kerja sama investasi di bidang ini sangat strategis dan akan memperkokoh kerja sama antara negara berkembang,” tandasnya.

Sebelumnya, dihadapan Presiden Joko Widodo dan Presiden Tanzania Samia Suluhu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Managing Director TPDC Mussa Makame menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan milik negara asal Tanzania, Tanzania Petroleum Development Company (TPDC).

MOU tersebut, menandai dimulainya kerja sama Pertamina di Tanzania untuk meningkatkan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh value chain minyak mentah.

Kedua perusahaan juga akan menilik potensi kerjasama dalam bidang migas di Tanzania, termasuk eksplorasi dan produksi serta pipanisasi migas.

“Kerja sama strategis di bidang energi antara TPDC dan Pertamina merupakan sebuah milestone untuk meningkatkan hubungan antara Tanzania dan Indonesia, mengingat TPDC dan Pertamina adalah badan usaha milik negara yang sepenuhnya dimiliki oleh masing-masing pemerintah,” jelas Nicke di Tanzania, Selasa (22/8) waktu setempat.

Nicke menjelaskan, Melalui MoU antara TPDC dan Pertamina, kedua BUMN sepakat untuk melakukan kerja sama di sektor hulu dan hilir migas, termasuk peluang investasi hilir pada stasiun CNG dan pasokan Mini LNG.

Baca Juga  Ansar Ahmad Positif Corona, Diduga Tertular Saat Di Natuna

Selain itu, juga peningkatan kapasitas bagi karyawan TPDC untuk mendapatkan pelatihan atau pendidikan di Indonesia.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

(Hms)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

138628
Users Last 30 days : 1562
Users This Month : 994
Views This Year : 27536
Who's Online : 1
Your IP Address : 44.223.39.67
Server Time : 2024-05-20
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya