Headline

Marsda TNI Andi Kustoro Tutup Latihan Matra Udara Koopsud II Sikatan Daya 2023

JATIM – Panglima Komando Operasi Udara (Koopsud) II Marsekal Muda TNI Andi Kustoro, secara resmi menutup Latihan Matra Udara II Koops Udara II “Sikatan Daya” tahun 2023 melalui video conference dari ruang rapat Suryadi Suryadarma Makoopsud II, Makassar, Selasa (30/5/2023).

Dalam sambutannya Panglima Koops Udara II menyampaikan latihan Koopsud II Sikatan Daya 2023 menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Koopsud II.

“Tujuan dari latihan Sikatan Daya 2023 ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Koops Udara II dan satuan jajaran dalam melaksanakan operasi udara secara komprehensif dan menyeluruh, sehingga senantiasa siap melaksanakan perintah Komando Atas dalam menghadapi eskalasi nasional,” ujar Panglima Koops Udara II.

Panglima mengungkapkan lebih lanjut, melalui latihan ini dapat mengukur sejauh mana tingkat kesiapan, profesionalisme dan kerjasama antar awak pesawat, kemampuan koordinasi, pengaplikasian prosedur, taktik, dan teknik. “Serta lebih lagi sarana menguji alutsista, sarana-prasarana dan prosedur melaksanakan operasi udara,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini Panglima memberi penekanan mengenai kesiapan operasional alutsista, dengan mencatat secara detail dan lengkap evaluasi selama pelaksanaan latihan sebagai acuan untuk pembenahan kedepan.

“Standarisasi teknisi pesawat baik di Skadron Udara maupun Skadron Teknik terus tingkatkan, serta harus selalu siap menangani pemeliharaan pesawat ringan, sedang, maupun berat,” tegas Panglima.

Lebih lanjut Pangkoopsud II menegaskan kendala apapun yang ada agar secara prioritas dicatat dan dilaporkan, sehingga dapat dijadikan dasar laporan ke komando atas.

“Mari jadikan latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya 2023 ini sebagai evaluasi bersama, bukan sebagai rutinitas, melainkan dasar untuk peningkatan penyelenggaraan latihan selanjutnya, untuk menghadapi tantangan kedepan yang semakin besar dan kompleks,” ajak Pangkoopsud II.

Mengakhiri sambutannya Panglima menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara latihan dan peserta latihan

“Kita berharap agar menjadikan latihan ini sebagai bekal pengalaman dan sarana untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan kemampuan dalam melaksanakan tugas,” urai Pangkoopsud II.

Selain didukung ribuan personel, latihan ini juga melibatkan berbagai alutsista pesawat, seperti Pesawat Intai Strategis Boeing 737 Skadron Udara 5, Pesawat tempur F-16 Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14, Sukhoi Su-27/30 Skadron Udara 11.

T-50 Skadron Udara 15, dan EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21, pesawat angkut C-130 Hercules Skadron Udara 32 dan Skadron Udara 33, kemudian Cassa-212 Skadron Udara 4, termasuk juga Satuan Radar serta personel Kopasgat.

(Pen)

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.