ANAMBAS

Kadin Anambas Sayangkan Penutupan Sementara PT. Pulau Bawah

ANAMBAS -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kepulauan Anambas menyayangkan penutupan sementara aktivitas  kawasan wisata premium PT. Pulau Bawah oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, beberapa waktu lalu.

Penutupan sementara itu dikhawatirkan akan menjadi preseden buruk bagi iklim investasi khususnya sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas, yang saat ini terus berupaya mendorong investasi di Anambas.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Kadin Anambas, Muhammad Nasrul Arsyad S.E, kepada Awak media ini, Senin (20/03/2023) saat ditemui di ruangannya.

“Kami menyayangkan ini sebab akan menjadi preseden buruk ke depan, karena dengan kejadian itu, dapat membuat para investor menjadi ragu dan bahkan takut berinvestasi di Anambas, karena investor menganggap tidak adanya ketidakpastian hukum. Padahal, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo terus berupaya mendatangkan investor dari luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia,” jelas Nasrul.

Seperti diketahui sebelumnya, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia pada 10 Maret 2023 lalu, menyegel atau menutup sementara operasional PT. Pulau Bawah, lantaran melanggar sejumlah perizinan antara lain tidak memiliki dokumen Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL), Perizinan Berusaha, serta Izin Pemanfaatan Kawasan Konservasi.

Lebih Lanjut Nasrul mengatakan, penutupan sementara itu juga akan berakibat pada berkurangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Pulau Bawah memiliki kontribusi yang cukup tinggi bagi daerah, salah satunya untuk PAD, karena PT. Pulau Bawah menyumbang Miliaran Rupiah pertahun kepada Anambas dalam bentuk PAD,” ujar Nasrul.

Tak hanya itu, Ia menilai penutupan tersebut juga akan memicu kenaikan angka pengangguran, karena terdapat beberapa masyarakat lokal yang bekerja di Pulau Bawah.

Serta saat ini Pulau Bawah turut memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan membeli suplai logistik dari masyarakat lokal.

“Seperti ikan, sayuran, buah-buahan, hingga jasa angkutan laut, Pulau Bawah masih menggunakan para pelaku UMKM yang ada di Anambas, dengan adanya penutupan aktifitas itu, tentu kita khawatir dengan para pengusaha lokal tersebut,” sebut Nasrul.

Menurutnya, Pemerintah Daerah harus sigap mengambil sikap untuk memfasilitasi Pulau Bawah untuk menyelesaikan apa saja kendala yang dialami, guna perusahaan tersebut dapat kembali beroperasi.

Nasrul juga mengatakan bahwa Kadin Anambas siap untuk membantu memfasilitasi hal tersebut apabila ada permohonan resmi, baik dari PT. Pulau Bawah maupun Pemerintah Daerah.

“Kadin bersedia untuk memfasilitasi menyelesaikan administrasi yang diperlukan PT. Pulau Bawah, sesuai dengan fungsi Kadin dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kadin,” ujarnya.

Nasrul berharap, Pemerintah Daerah dan DPRD Anambas dapat memberikan respon cepat terhadap permasalahan tersebut dalam membantu serta memfasilitasi kemudahan perizinan kepada Pulau Bawah.

“Kita berharap penyegelan itu tidak berlangsung lama, karena dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap psikologi pengusaha yang bersangkutan. Psikologi yang dimaksud adalah managemen terpaksa menutup total Perusahaan tersebut, dalam hal ini PT. Pulau Bawah,” pungkasnya. (FR)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

fajar

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.