Berita

Lanal Ranai Gelar Sosialisasi Usaha Mikro Kecil Menengah

NATUNA- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Kabupaten Natuna menggelar sosialisasi kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Tentang keahlian, pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan UMKM pada masyarakat Desa Sabang Mawang Barat Kec. Pulau Tiga (28/11/2022).

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Sabang Mawang Barat dihadiri oleh 50 (lima puluh) orang.

Agenda ini bertujuan untuk dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui materi yang disampaikan Firdaus selaku Sekretaris Dinas Perindagkopum Natuna.

Kegiatan sosialisasi tentang usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Sabang Mawang Barat ini setidaknya dapat membantu masyarakat Desa Sabang Mawang Barat menciptakan sumber – sumber UMKM bagi masyarakat yang mayoritas masyarakatnya adalah nelayan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka yang secara otomatis dapat mengurangi angka kemiskinan masyarakat di Desa Sabang Mawang Barat sehingga melalui sosialisasi ini apa yang menjadi harapan kita semua dapat terwujud.

“Kegiatan sosialisasi ini selaras dengan program prioritas dan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, agar dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat dan cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat,”  ujar Pjs. Paspotmar Lanal Ranai Kapten Laut (P) Philipus E. Sakliressy yang memewakili Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I .

Philipus menyampaikan klaster ekonomi merupakan salah satu dari 5 Klaster diprogram dari Kampung Bahari Nasional (KBN), yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi melalui kegiatan pembinaan kelompok, yakni meningkatkan masyarakat melalui penyuluhan dan sosialisasi.

Lebih lanjut, Pjs. Paspotmar Lanal Ranai menyampaikan, diharapkan pada pelaksanaan Kampung Bahari Nusantara tahun ini tetap bertujuan untuk mensejahterakan wilayah – wilayah di bawah binaan TNI AL.

Narasumber Drs. Firdaus selaku Sekretaris Dinas Perindagkopum Pemkab. Natuna dalam memberikan materi menyampaikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah Badan usaha milik Warga Negara Indonesia, baik perorangan maupun berbadan hukum yang memiliki kekayaan bersih, tidak termasuk tanah dan bangunan sebanyak Rp. 200 Juta atau mempunyai hasil penjualan rata – rata pertahun Rp. 1.000.000.000,- (1 milyar rupiah) dan usaha tersebut berdiri sendiri.

Lebih lanjut, Sekretaris Disperindagkopum menyampaikan contoh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) diantaranya petani tuna lahan, nelayan tanpa perahu, industri kecil rumahan, usaha kerajinan tangan, pedagang kecil/asongan dan pengecer koran.

“Sedangkan masalah yang dihadapi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada faktor internal adalah rendahnya profesionalisme tenaga pengolah UMKM, keterbatasan modal dan akses pemasaran dan kurangnya penguasaan teknologi,” ujar Firdaus.

Untuk faktor eksternal itu sendiri yaitu iklim usaha kurang menguntungkan usaha kecil, Kebijakan pemerintah belum sesuai harapan, Kurangnya dukungan, Kurangnya pembinaan dan bimbingan manajemen peningkatan sumber daya manusia.

(Pen)

 

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

4 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

6 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

7 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.