PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan dan Budi Setijadi, Luncurkan KMP Bahtera Nusantara 03

Mencerdaskan & Memuliakan - Mei 19, 2022
Cen Sui Lan dan Budi Setijadi, Luncurkan KMP Bahtera Nusantara 03
 - (KMP Bahtera Nusantara 03 melayani lintas Dompak-Matak-Penagi di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Satu lagi kapal buatan anak bangsa di Batam diluncurkan. Yaitu kapal penyeberangan penumpang roro 1500 GT pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi didampingi Anggota DPR RI Cen Sui Lan meluncurkan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro diberi nama KMP Bahtera Nusantara 03 melayani lintas Dompak-Matak-Penagi di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati (KAS), Batam, Rabu (18/5/2022).

“Kita akan menyiapkan sarana prasarana bagi kapal, karena ini adalah amanat bapak Presiden bahwa kita harus menyiapkan sarana prasarana untuk daerah 3 TP (tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan),” ungkap Dirjen Budi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi didampingi Anggota DPR RI Cen Sui Lan meluncurkan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro diberi nama KMP Bahtera Nusantara 03

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi didampingi Anggota DPR RI Cen Sui Lan meluncurkan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro diberi nama KMP Bahtera Nusantara 03

Menurut Dirjen Budi, kehadiran kapal yang diberi nama KMP Bahtera Nusantara 03 ini di wilayah Batam dapat mempermudah mobilitas masyarakat yang akan menyeberang serta membuka akses yang lebih luas bahkan hingga ke wilayah di sekitar Batam maupun wilayah di Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

“Batam yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura juga merupakan prioritas kami untuk memperhatikan pembangunan sarana dan prasarana transportasinya.

Dari yang disampaikan Bapak Presiden itu maka kami di Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Hubdat secara bertahap sudah mewujudkan semuanya. Kita bangun kapal dan dermaga di sini cukup banyak. Jadi semuanya ini tidak tiba-tiba, mudah-mudahan multiplier effect dari pembangunan kapal ini akan dirasakan masyarakat,” jelas Dirjen Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi, acara peluncuran ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah terutama di wilayah–wilayah yang terpencil.

Baca Juga  Proyek Natuna Dibatalkan Berbanding Terbalik Dengan Instruksi Presiden

“Sebagaimana misi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yaitu menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia,” kata Junaidi.

Junaidi melanjutkan bahwa dalam Tahun Anggaran 2022 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan melaksanakan penyelesaian pembangunan kapal penyeberangan sebanyak dua unit kapal penyeberangan.

Adapun spesifikasi teknis KMP. Bahtera Nusantara 03 ini yaitu panjang keseluruhan 71,92 m, lebar: 14 m, tinggi: 4,6 m, kecepatan dinas: 15 knot.

“Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4,” pungkas Junaidi.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Cen Sui Lan tidak dapat menyembunyikan rasa senang dan bangga dengan peluncuran kapal roro KMP Bahtera Nusantara 03 tersebut.

Selain itu, Cen Sui Lan juga bangga, karena kapal roro ini diproduksi di Kota Batam, dan dibuat oleh anak bangsa sendiri.

“Kapal ini juga diproduksi oleh perusahaan milik anak Kepri sendiri. Kepada kementerian lainnya, saya juga meminta agar pembuatan kapal-kapal untuk kepentingan bangsa dan negara, dapat dibuat di dalam negeri. Khususnya di Batam, Kepri,” harap Cen Sui Lan.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu anggota Komisi V DPR Cen Sui Lan, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau Lucky Prawira, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau Junaidi, SGM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Region Sumatera dan GM ASDP Cabang Batam, perwakilan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), serta Direksi PT Karimun Anugerah Sejati beserta seluruh jajaran.

Baca Juga  CSL: Pemprov Kepri Segera Rampungkan Syarat Teknis Jalan TOL Jembatan Babin

(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 3 9 5 2
Users Today : 18
Users Yesterday : 53
Users Last 7 days : 352
Users Last 30 days : 1640
Users This Month : 1419
Users This Year : 16460
Total Users : 83952
Views Today : 24
Views Yesterday : 81
Views Last 7 days : 531
Views Last 30 days : 2582
Views This Month : 2261
Views This Year : 23950
Total views : 137653
Who's Online : 0
Your IP Address : 40.77.167.26
Server Time : 2022-06-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya