Headline

Bersama Bupati CSL Resmikan SPAM Rp 2,7 Miliar Di Lingga, Kini Warga Bahagia

GURINDAM.ID- Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kini hadir di Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Proyek air bersih dan penyediaan air bersih senilai Rp 3,9 miliar di Lingga, itu tersebar di enam desa di lima kecamatan di Lingga.

Desa Tanjung Kelit dan Desa Batu Belubang, Kecamatan Bakung Serumpun. Desa Busung Panjang, Kecamatan Kepulauan Posek, serta Desa Bakong, Kecamatan Singkep Barat. Sedangkan instalasi SPAM Kecamatan Selayar berada di Desa Penuba, Kecamatan Selayar.

Kedua proyek APBN senilai Rp 3,9 miliar, dengan SPAM menghabiskan biaya Rp2,7 miliar. Sedangkan pembangunan 5 fasilitas Pamsimas di lima desa sebesar Rp 1,2 miliar. Peresmian kedua proyek infrastruktur prioritas itu dipusatkan di Desa Penuba, Kecamatan Selayar.

Kehadiran SPAM ini sebelumnya diresmikan oleh Anggota DPR RI Komisi V, Cen Sui Lain dan didampingi oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar pada berapa pekan lalu.

Pada kesempatan itu, Bupati Lingga berharap kehadiran SPAM bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat di sana.

“Ini sarana utama Masyarakat, Ketersediaan air ini juga untuk memenuhi kebutuhan air di Pulau Lipan,” kata Nizar.

Nizar menuturkan ucapan terima kasihnya kepada Ibu Cen Sui Lan, Dirjen Cipta Karya, dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah atau BPPW Kepri. Hal itu lantaran pembangunan SPAM yang diharapkan menjadi membantu masyarakat di Kecamatan Selayar.

“Pembangunan infrastruktur ini sangat membantu masyarakat kami, di luar dari anggaran DAK, DBH maupun DAU,” ujarnya.

Warga setempat turut berterimakasih kepada Cen Sui Lan, akrab disingkat CSL yang merupakan Kader wanita Kepri partai berlambang Pohon Beringin besutan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

“Kami harapkan ibu membantu kembali merealisasikan aspirasi berupa jalan melalui Komisi V DPR ini yang juga harapan dari masyarakat,” ujar Tasipudin seorang warga masyarakat di Kecamatan Selayar.

Dia juga bercerita bagaimana susahnya mendapatkan air bersih. Selain harus memikul, juga harus menggunakan alat angkut. “Alhamdulillah, sekarang sudah ada SPAM,” ucap sang tokoh masyarakat senang atas keberadaan proyek SPAM.

Sementara itu, Cen Sui Lan saat diwawancara sebelumnya menjelaskan, bahwa itu merupakan kunjungan pertamanya di Kabupaten Lingga.

CSL mengatakan, prasarana dan sarana air minum merupakan infrastruktur dasar yang memberikan pengaruh vital pada kesehatan dan lingkungan.

Dengan tersedianya sarana air minum layak diharapkan akan meningkatkan pemahaman tentang hidup bersih untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus mengurangi risiko penyakit yang berdampak pada kesehatan serta memperkecil kasus gizi buruk dan stunting.

Lebih jauh terkait Jalan CSL mengatakan, terkait jalan poros yang disampaikan salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Selayar, akan dibicarakan bersama Bupati Lingga.

Karena saat ini memang, jalan di wilayah Kecamatan Selayar sangat tidak memadai dan sebagian besar terdiri dari jalan tanah merah.

“Nanti akan kita lihat jalan itu jalan nasional atau jalan kabupaten. Jika itu wewenang kabupaten, saya bisa membantu jika memang dananya terbatas, saya akan mentransfer dengan dana khusus dari saya,” jelas Cen Sui Lan.

Cen berharap, warga dapat menjaga aset SPAM dan Pamsimas di Lingga demi kemanfaatan bersama. Dia menambahkan, program SPAM di Selayar, karena termasuk pulau-pulau kecil dan terluar. Kecamatan Selayar berada di Pulau Selayar, seberang Pulau Singkep.
(Adi)

 

 

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

3 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.