Headline

Melapis Kekuatan Udara KSAU Resmikan Empat Satuan di Perbatasan NKRI Pulau Natuna

NATUNA, GURINDAM.ID- Sejarah baru terukir dari wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) TNI Angkatan Udara (TNI AU) melalui Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melapis kekuatannya dengan peresmian Empat Satuan Skadron Udara 52, Denhanud 475, 476 dan 477 Paskhas, di Lanud RSA Natuna, Jumat (22/10/2021) pagi.

Dalam amanatnya pada upacara peresmian Skadron, Kasau mengatakan peresmian empat kesatuan ini secara serentak merupakan bagian upaya pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara khususnya dalam pengembangan dan validasi organisasi.

“Ini semua demi terwujud satuan dan sistim kerja semakin efektif dan efisien dalam memastikan terlindungnya kedaulatan Negara diudara,” ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Lebih dalam disampaikan Jendral Bintang Empat itu, Secara khusus sebagaimana juga tertuang Perkasau 56 tahun 2021 dan Perkasau 30 tahun 2019, maka satuan skuadron udara 52, detasemen pertahanan udara 475, 476 dan 477 terhitung sejak hari ini dinyatakan mulai beroperasi.

Kasau melanjutkan, Sebagai negara kepulauan yang sangat luas indonesia menghubungkan dua benua dan dua samudra sehingga memberikan nilai yang sangat strategis buat pelayaran dan penerbangan dunia terlebih lagi dengan kandungan sumber daya alam didalamnya.

“Wilayah ini menjadikan area sangat menjanjikan namun disisi lain juga mengandung resiko dan ancaman dari pihak lain. Sebagai negara yang cinta damai dengan menganut prinsip Bebas Aktif, tentu kita tidak mengharapkan terjadinya konflik akan tetapi kita juga harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi,” ucap Kasau.

Dirinya menambahkan, untuk memastikan dan melindungi kedaulatan bangsa dan negara. Empat satuan yang diresmikan pada hari ini berperan untuk membantu perkuat Jajaran TNI angkatan udara di wilayah sekitar. Untuk mengamati dan melindungi ruang udara kita dari berbagai kemungkinan ancaman serta serangan yang datang khusunya dari udara.

“Skadron udara 52 yang berada dibawah komando operasi angkatan udara satu serta detasemen pertahanan udara 475, 476 dan 477 dibawah komando Korpaskhas akan melaksanakan berbagai tugas baik dengan memberikan perlindungan udara maupun melaksanakan pengamatan di udara dan tugas lain di amanahkan kepadanya,” sebutnya.

Jendral lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 itu mengatakan, senantiasa siap dan tidak akan pernah gentar dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan negara di udara.

“Empat satuan ini adalah salah satu bukti bahwa komitmen untuk mewujudkan angkatan udara yang disegani dikawasan, akan terus menjalankan skala berkala bertahap dan berkelanjutan berbagai upaya tersebut bukan bertujuan untuk menimbulkan ketegangan di kawasan namun untuk memastikan keselamatan dan kedaulatan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” lanjutnya.

Dirinya juga mengatakan, Pimpinan TNI angkatan udara akan terus memenuhi kebutuhan satuan satuan ini termasuk satuan operasional lainnya secara bertahap sehingga dapat melaksanakan tugas masing masing yang diamanahkan semakin optimal.

“Untuk itu saya selaku kepala staf angkatan udara memberikan selamat kepada perwira yang telah diberi amanah sebagai komandan pertama sebagai satuan baru saja kita resmikan hari ini,” sebutnya.

Mereka adalah Komandan Skadron Udara 52 Natuna, Letkol Pnb Dion Aridito, Komandan Denhanud 475 Paskhas Pekanbaru, Letkol Pas Tatag Wicaksono, Komandan Denhanud 476 Paskhas Iswahjudi, Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya dan Komandan Denhanud 477 Paskhas Natuna, Letkol Pas Frian Alfa Risdar.

“Semoga amanah yang dipercayakan kepada saudara ini merupakan tugas dan tangung jawab yang tidak ringan memimpin satuan operasional dengan alutsista terkini berikut persenjataannya tentunya membutuhkan karakter kepemimpinan yang tangguh ketelitian dan setiap keputusan kecerdasan dalam bersikap dan juga ketahanan mental dalam berbagai situasi penuh tekanan, dengan latar belakang serta kemampuan yang dimiliki saya yakin para komandan mampu memimpin kesatuan ini,” pesannya.

Sehingga sambung Kasau, dapat melaksanakan fungsinya dengan baik aman dan lancar. Untuk itu jagalah kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik baiknya utamakan keselamatan dalam setiap tugas serta rawatlah berbagai sarana prasarana khusunya aludsista dengan penuh kehormatan dan rasa tangung jawab.

Selain itu, diakhir amanatnya KSAU mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Natuna yang telah menerima kehadiran TNI Angkatan Udara.

“Semoga dengan kehadiran Satuan TNI Angkatan Udara akan mewujudkan rasa aman sehingga dapat menambah manfaat serta meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Natuna,” tutupnya.

Usai upacara, jenderal bintang 4 itu beserta Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Komandan Lanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam beserta rombongan Forkopimda Natuna melanjutkan untuk meninjau sejumlah bangunan serta perlengkapan tempur.

(Rik)

 

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

3 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.