PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan Salurkan Aspirasi Warga Wujudkan Bangun Jalan Beton Baloi Indah

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 2, 2021
Cen Sui Lan Salurkan Aspirasi Warga Wujudkan Bangun Jalan Beton Baloi Indah
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan meluncurkan dana aspirasinya Rp1 miliar, dipakai membangun jalan beton di Komplek Baloi Mas Asri dan sekitarnya, Kelurahan Baloi Indah Kota Batam.

Dana Rp 1 miliar tersebut, diambil dari dana aspirasi Cen Sui Lan melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tahun anggaran 2021.

Menurut keterangan dari laman Kotaku pu go.Id, Tujuan umum program ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan dan mencegah timbulnya permukiman kumuh baru dalam rangka untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Program Kotaku dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota/kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota sebagai pelaku utama (nakhoda).

Senator berdarah Tionghoa ini mengaku bangga terhadap kegiatan betonisasi di Komplek Baloi Mas Asri dan sekitarnya.

“Keberadaan saya sebagai wakil masyarakat Kepri di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta dapat semoga memberikan manfaat bagi masyarakat Kepri,” sebut Cen Sui Lan.

Sementara Atong salah seorang warga Baloi Mas Asri mengaku bangga punya wakil rakyat di DPR RI yang betul-betul peduli atas karya nyata untuk menjemput program pusat untuk kepentingan masyarakat.

“Meskipun jalan beton ini menjadi lebih tinggi dari rumah saya, tak apalah. Itu sudah risiko. Ada pembangunan jalan menjadi bagus dan lancar diperjuangkan Bu Cen Sui Lan, sudah syukur bisa dirasakan manfaatnya,” ujar Atong.

Baca Juga  Cen Sui Lan Hadir Festival Cap Go Meh Meriah dan Semarak

Disebutkan Cen Sui Lan, program KOTAKU dari dana aspirasinya ini, untuk membenahi Kota Batam dalam hal ini Kelurahan Baloi Indah supaya tidak kumuh, lebih indah, sehat, dan nyaman.

Kegiatan betonisasi dari program KOTAKU ini, dilaksanakan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Baloi Indah, yang bersifat padat karya melibatkan banyak tenaga kerja.

“Ini bagian dari program mempercantik Kota Batam sebagai kota destinasi wisata. Kegiatan ini, juga upaya kita secara masif agar kawasan perumahan yang sudah lama di Nagoya, bisa dibenahi,” ujar Cen Sui Lan, Selasa (28/9/2021).

Program betonisasi sejumlah jalan lingkungan perumahan lama Nagoya ini, juga dilakukan pembenahan saluran drainase. Terutama di lingkungan perumahan warga. Serta peningkatan kualitas tempat pembuangan sampah dan sanitasi lingkungan.

“Intinya, bagaimana lingkungan di perumahan-perumahan yang sudah lama di bangun bisa jadi baik, nyaman dan indah, serta bersih. Itulah tujuan program KOTAKU ini,” ujar Cen Sui Lan.

Setelah melihat perkembangan program KOTAKU ini, Cen Sui Lan mengatakan, program tersebut sangat membantu pembenahan Kota Batam. “Tahun anggaran 2022 nanti, akan kita tambah jumlah titik alokasinya,” tekad Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan mengapresiasi pihak Balai Pelaksana Prasarana Infrastruktur Wilayah (BP2IW) Provinsi Kepri Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang sangat telaten dalam menjaga program ini.

“Hal itu kan supaya program ini berhasil, dan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan Kota Batam,” tambah Cen Sui Lan.

Selain di Kelurahan Baloi Indah Kota Batam, program KOTAKU dari aspirasi Cen Sui Lan juga ditujukan pada pembenahan jalan lingkungan perumahan lama di Kelurahan Batu Selicin, Nagoya.

Kegiatan di kelurahan Batu Selicin dialokasikan dana Rp1 miliar, yang dikerjakan BKM setempat.

Baca Juga  Tahun Depan Cen Sui Lan Tunaikan LPK Penyediaan MCK Sebesar Rp5 Miliar 

Kemudian, tahun anggaran 2021 ini, kegiatan program KOTAKU usulan Cen Sui Lan telah direalisasikan di Kelurahan Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam.

Seperti diketahui, tahun anggaran 2021 ini, dana yang dialokasikan dari program KOTAKU untuk wilayah Kota Batam, sebesar Rp9 miliar. Dana ini ditujukan di sembilan kelurahan di Kota Batam.

Cen Sui Lan menyebutkan, BKM yang mendapat program KOTAKU ini yaitu Kelurahan Batu Selicin, Baloi Indah, Kampung Pelita, Seraya, Belian, Duriangkang, Kibing, Bukit Tempayan, dan Sungai Pelunggut.

Cen Sui Lan berpesan agar program ini dijalankan secara maksimal, dan memberikan manfaat bagi pemberdayaan masyarakat serta bisa mempercantik Kota Batam agar lebih indah dan bersih.

(Jrg)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

140009
Users Last 30 days : 1468
Users This Month : 803
Views This Year : 29492
Who's Online : 1
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-06-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya