BATAM

Cen Sui Lan Dukung Rencana Sirkuit MotoGP dan F1, Batam Magnet Investasi

GURINDAM.ID- Rencana pembangunan sirkuit Internasional di kawasan Nongsa, Kota Batam, disambut baik oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dapil Kepri, Cen Sui Lan.

Pembangunan sirkuit yang rencananya mengusung konsep wisata terpadu ini, nantinya juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata otomotif.

Menurut Cen Sui Lan, sektor pariwisata berperan besar dalam pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam. Melalui sirkuit internasional ini dapat berdampak positif setidaknya ada dua manfaat yakni dari segi ekonomi dan sosial.

“Wisatawan asing yang datang ke Indonesia saat MotoGP digelar praktis menambah devisa negara. Sementara dari segi sosial, nama Indonesia akan semakin dikenal luas di dunia,” jelas Cen Sui Lan, Senin (13/9/2021).

Sirkuit internasional ini rencananya akan dibangun di lahan mencapai 154 hektar, dengan lokasi yang sangat strategis di Kecamatan Nongsa, Batam.

Ke depannya, sirkuit internasional di Batam ini dapat digunakan sebagai lokasi ajang balap F1 dan Moto GP. Tentunya rencana pembangunan sirkuit ini digagas setelah Pemerintah Pusat memiliki sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dihari sebelumnya Ketua MPR RI yang juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau lahan pembangunan sirkuit bersama Walikota Batam Muhammad Rudi dan Badan Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto, mematangkan proses pembuatan sirkuit internasional Batam.

Bambang Soesatyo menjelaskan, Sirkuit Internasional Batam juga didukung berbagai infrastruktur ekonomi.

Antara lain Bandara Internasional Hang Nadim, pelabuhan logistik internasional Batu Ampar, Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa, Kawasan Ekonomi Khusus Batam Aero Teknik,

Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan, pelabuhan ferry internasional Batam Centre, pembangunan outer ring road Tj Pinggir – Jodoh, jalan dan jembatan Batam – Bintan, hingga pelabuhan penumpang internasional Sekupang.

“Karena lokasi lahannya merupakan milik Pemkot Batam, sehingga pembangunan sirkuit tidak memerlukan anggaran hingga ratusan miliar untuk pembebasan lahan. Keberadaan Sirkuit Internasional Batam nantinya akan seperti Sirkuit Monza di Italia, yang berlokasi di areal kebun raya. Sehingga pemandangannya sangat asri. Menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembalap maupun turis untuk berkunjung kesana,” jelas Bamsoet.

Kepala Badan Penegakan Hukum, Keamanan, dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, keberadaan Sirkuit Internasional di Batam kelak bisa menjadi salah satu sumber pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Batam.

Sekaligus meningkatkan PAD Batam yang rata-rata berada di kisaran angka Rp 1 triliun.

“Penyumbang terbesar PAD Batam dari sektor pariwisata, seperti dari pajak perhotelan dan restoran. Bahkan disaat pandemi Covid-19 pada tahun 2020, kedua sektor tersebut masih mampu memberikan sumbangan yang cukup tinggi, mencapai 24 persen dari total PAD Batam,” terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan, realisasi pajak hotel di Kota Batam pada tahun 2020 mencapai sekitar Rp 40,864 miliar dari target Rp 65,041 miliar.

Sedangkan pajak restoran terkumpul sekitar Rp 61,378 miliar dari target Rp 77,667 miliar.

“Batam mampu menjadi magnet investasi dunia Jika ada sirkuit internasional dengan berbagai event kejuaraan balap yang mampu mendatangkan penonton tidak hanya dari Indonesia, melainkan juga dari Singapura, Malaysia, dan negara lainnya, akan membuat PAD Batam semakin meningkat.

Masyarakat lokal diuntungkan karena perputaran uang semakin kencang, Indonesia juga diuntungkan karena dari sirkuit tersebut bisa lahir para pembalap hebat,” pungkas Bamsoet.

(Dia/bro)

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.