PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan
Baca Berita Dari Sumber terpercaya Click Baner www.anambaskab.go.id

Cen Sui Lan Dukung Rencana Sirkuit MotoGP dan F1, Batam Magnet Investasi

Mencerdaskan & Memuliakan - September 14, 2021
Cen Sui Lan Dukung Rencana Sirkuit MotoGP dan F1, Batam Magnet Investasi
Ilustrasi Motor GP - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Rencana pembangunan sirkuit Internasional di kawasan Nongsa, Kota Batam, disambut baik oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dapil Kepri, Cen Sui Lan.

Pembangunan sirkuit yang rencananya mengusung konsep wisata terpadu ini, nantinya juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata otomotif.

Menurut Cen Sui Lan, sektor pariwisata berperan besar dalam pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam. Melalui sirkuit internasional ini dapat berdampak positif setidaknya ada dua manfaat yakni dari segi ekonomi dan sosial.

“Wisatawan asing yang datang ke Indonesia saat MotoGP digelar praktis menambah devisa negara. Sementara dari segi sosial, nama Indonesia akan semakin dikenal luas di dunia,” jelas Cen Sui Lan, Senin (13/9/2021).

Sirkuit internasional ini rencananya akan dibangun di lahan mencapai 154 hektar, dengan lokasi yang sangat strategis di Kecamatan Nongsa, Batam.

Ke depannya, sirkuit internasional di Batam ini dapat digunakan sebagai lokasi ajang balap F1 dan Moto GP. Tentunya rencana pembangunan sirkuit ini digagas setelah Pemerintah Pusat memiliki sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dihari sebelumnya Ketua MPR RI yang juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau lahan pembangunan sirkuit bersama Walikota Batam Muhammad Rudi dan Badan Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto, mematangkan proses pembuatan sirkuit internasional Batam.

Bambang Soesatyo menjelaskan, Sirkuit Internasional Batam juga didukung berbagai infrastruktur ekonomi.

Antara lain Bandara Internasional Hang Nadim, pelabuhan logistik internasional Batu Ampar, Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa, Kawasan Ekonomi Khusus Batam Aero Teknik,

Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan, pelabuhan ferry internasional Batam Centre, pembangunan outer ring road Tj Pinggir – Jodoh, jalan dan jembatan Batam – Bintan, hingga pelabuhan penumpang internasional Sekupang.

Baca Juga  Kepri Berpacu Membentuk Kekebalan Komunal, Cen Sui Lan: Kita Tambah Jangan Sampai Menipis Stok Vaksin

“Karena lokasi lahannya merupakan milik Pemkot Batam, sehingga pembangunan sirkuit tidak memerlukan anggaran hingga ratusan miliar untuk pembebasan lahan. Keberadaan Sirkuit Internasional Batam nantinya akan seperti Sirkuit Monza di Italia, yang berlokasi di areal kebun raya. Sehingga pemandangannya sangat asri. Menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembalap maupun turis untuk berkunjung kesana,” jelas Bamsoet.

Kepala Badan Penegakan Hukum, Keamanan, dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, keberadaan Sirkuit Internasional di Batam kelak bisa menjadi salah satu sumber pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Batam.

Sekaligus meningkatkan PAD Batam yang rata-rata berada di kisaran angka Rp 1 triliun.

“Penyumbang terbesar PAD Batam dari sektor pariwisata, seperti dari pajak perhotelan dan restoran. Bahkan disaat pandemi Covid-19 pada tahun 2020, kedua sektor tersebut masih mampu memberikan sumbangan yang cukup tinggi, mencapai 24 persen dari total PAD Batam,” terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan, realisasi pajak hotel di Kota Batam pada tahun 2020 mencapai sekitar Rp 40,864 miliar dari target Rp 65,041 miliar.

Sedangkan pajak restoran terkumpul sekitar Rp 61,378 miliar dari target Rp 77,667 miliar.

“Batam mampu menjadi magnet investasi dunia Jika ada sirkuit internasional dengan berbagai event kejuaraan balap yang mampu mendatangkan penonton tidak hanya dari Indonesia, melainkan juga dari Singapura, Malaysia, dan negara lainnya, akan membuat PAD Batam semakin meningkat.

Masyarakat lokal diuntungkan karena perputaran uang semakin kencang, Indonesia juga diuntungkan karena dari sirkuit tersebut bisa lahir para pembalap hebat,” pungkas Bamsoet.

(Dia/bro)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 5 2 4 5 5
Users Today : 4
Users Yesterday : 234
Users Last 7 days : 1629
Users Last 30 days : 5975
Users This Month : 4257
Users This Year : 52454
Total Users : 52455
Views Today : 7
Views Yesterday : 299
Views Last 7 days : 2212
Views Last 30 days : 9055
Views This Month : 6290
Views This Year : 90925
Total views : 90926
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.215.177.171
Server Time : 2021-09-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya