PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Budayakan Sinergitas, Tumbuh Bersama Dalam Kebersamaan

Mencerdaskan & Memuliakan - September 3, 2021
Budayakan Sinergitas, Tumbuh Bersama Dalam Kebersamaan
Foto Tokoh Ilustrasi: Pengusaha Nasional asal Makassar, Sulawesi Selatan, Alwi Hamu. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

Oleh:  Fiam Mustamin

MARI Kita mendalami pesan dalam Lontara leluhur kita :

Yassiseddingi/ Bugis, Abbulo Sibatang, Accera Sitongka Tongka/ Makassar, Sirondo Rondoi Nasibali Parri/ Mandar dan Mesa Kada Niputuo Pantang Kada Nipomate/ Toraja.

Tumbuh Bersama Dalam Kebersamaan adalah tage line dari surat kabar harian Fajar yang diciptakan okeh HM. Alwi Hamu, pendirinya. Media ini punya pengaruh besar di Kawasan Timur Indonesia.

Berperan untuk membudayakan perilaku berbisnis secara populis kerakyatan bukan dengan cara kapitalis yang semata untuk kepentingan pemodal.

Makna inti dari kata kata pesan leluhur itu adalah ; kebersamaan/ kesatuan dalam menegakkaharkat dan nartabat, rasa kepedulian sosial yang tersimpul dalam Siri na Pesse/Pacce.

Pesan leluhur/to matoa riolo dari sub etnis Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja bukan hanya menjadi bacaan retorika, tapi diwujudkan dalam tindakan dan perbuatan.

Seperti misalnya budaya kepemimpinan di Luwu dan Bone, aja naitai bati naparenta  To LuwuE na To BoneE/sungguh luar biasa diperintah oleh orang Luwu dan Bone.

Demokrasi di Wajo terkenal dengan Ade emmi napo puang/ hukum yang dipertuan yang berkuasa. Wajo juga dikenal dengan budaya perniagaan yang melahirkan orang kaya/ to sugi.

Lalu di Gowa dan Toratea sub etnis Makassar memiliki keberanian dan kecakapan ahli perang di laut, hukum pelayaran dan bahasa dunia.

Di Mandar dikenal sebagai pelaut ulung, Nenek Moyangku Pelaut.

Kemudian di Soppeng, Barru dan Sidrap selain dikenal dengan kelahiran To Acca/ cendekiawan juga mewarisi kearifan pertanian/ bercocok tanam.

Aktualisasi Kehidupan Saat Kini

BAGAIMANA Mengaktualisasikan kearifan yang disebutkan dengan kehidupan masa kini.

Dengan menyebut warisan budaya leluhur itu, mestinya Sumber Daya Manusia 4 sub etnis itu hadir sebagai SDM unggulan dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Baca Juga  Hendrasmo Ditunjuk Dewas Menjadi Dirut RRI

Tak diragukan muncul SDM unggul secara individual di bidang professional. Tapi kita tidak melihat tumbuhnya secara massif lahirnya enterprenuer/ to sugi pribumi, mengapa ?

Perlu pengkajian budaya secara seksama, apakah kita ini sulit bersinergi/ bekersama yang saling mempercayai antara sesama untuk tumbuh dan maju bersama.

Atau ada obsessi budaya superioriti tidak mau  terungguli oleh orang lain, sekalipun itu dalam satu komunitas kekerabatan.

Upaya untuk   menciptakan regenerasi Pelaku Usaha baru sudah dirintis sejak tahun 1991 dengan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar se Nusantara.

Forum itu kemudian diarahkan jadi ajang silaturahmi halal bihalal pulang kampung, temu kangen kangenan, agenda bisnis tak mengikat.

Beranda Inspirasi Ciliwung, 2 Sept 2021

Fiam Mustamin adalah Pembina Redaksi Gurindam.id berdomisili di Jakarta

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 7 1 3 9
Users Today : 76
Users Yesterday : 350
Users Last 7 days : 756
Users Last 30 days : 2368
Users This Month : 1498
Users This Year : 19647
Total Users : 87139
Views Today : 109
Views Yesterday : 535
Views Last 7 days : 1148
Views Last 30 days : 3702
Views This Month : 2198
Views This Year : 28920
Total views : 142623
Who's Online : 0
Your IP Address : 35.172.223.251
Server Time : 2022-08-16
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya