PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

KBRI Nairobi di Kenya Promosi Pencak Silat Menuju Olimpiade 2032

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 9, 2021
KBRI Nairobi di Kenya Promosi Pencak Silat Menuju Olimpiade 2032
KBRI Nairobi - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

KENYA, GURINDAM.ID– Upaya untuk menjadikan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade 2032 KBRI Hadir di Nairobi.

Melalui delegasi dari organisasi Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) promosikan bela diri pencak silat di Nairobi sejak 17 Juni 2021. Kegiatan bertajuk “Pencak Silat Road to Olympics 2032.

“Kenya merupakan pintu gerbang masuknya bela diri Pencak Silat di kawasan Afrika Timur, yang nantinya akan lebih mudah dipromosikan di negara-negara sekitar Kenya, seperti Uganda, Somalia, dan Sudan Selatan,” ujar Ketua Delegasi, Sandi Suwardi Hasan, melalui keterangan diterima Gurindam.id, Jumat, (9/7/2021).

Selain di Afrika Timur, Pencak Silat juga sudah diperkenalkan di Afrika bagian barat dan utara seperti Aljazair, Nigeria dan Mesir.

Berdasarkan ketentuan International Olympic Committee (IOC), pencak silat harus diakui oleh National Olympic Committee (NOC) di 80 negara terlebih dahulu agar dapat dipertandingkan dalam Olimpiade. Hingga saat ini, Pencak Silat telah diakui oleh sekitar 33 NOC, dan memiliki federasi di 65 negara.

Kehadiran pencak silat mendapatkan respon positif dari masyarakat Kenya, “Pencak silat adalah bela diri yang unik dan berbeda dengan bela diri lainnya yang berkembang di Kenya, dalam pencak silat kami diajari untuk menyatu dengan alam dan tetap harus rendah hati,” ujar salah satu peminat asal Kenya, Cleophas.

Duta Besar RI Nairobi, M. Hery Saripudin mendukung misi para delegasi ini, “Kami KBRI Nairobi siap untuk terus medukung promosi pencak silat di Kenya dan negara-negara akreditasi lainnya dalam kerangka diplomasi budaya,” ujarnya.

“Pihak KBRI juga akan selalu mengawal proses perkembangan pencak silat di sini hingga terbentuknya federasi nasional di Kenya, serta pengakuan dari NOC Kenya”, tambah Dubes Hery.

Baca Juga  Menteri Kesehatan: Vaksin Covid-19 Telah Teruji dan Minim Efek Samping

Target dari Persilat, di Kenya, pada tahun 2022 dapat diadakan kompetisi Pencak Silat antara negara-negara Afrika yang sudah mengenal bela diri Pencak Silat. Program pelatihan secara daring maupun luring, serta pendirian padepokan secara resmi di Kenya masih terus dimatangkan oleh para pengurus Persilat dan angota komunitas pencak silat Kenya. Saat ini, tercatat kurang lebih 25 orang telah bergabung ke dalam komunitas pencak silat di Kenya.

(Sumber: KBRI Nairobi)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136672
Users Last 30 days : 3038
Users This Month : 1756
Views This Year : 24665
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-16
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya