PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Prioritaskan Wilayah 3T, Menteri Johnny: Percepat Pemerataan Akses 4G Merambah Natuna

Mencerdaskan & Memuliakan - April 22, 2021
Prioritaskan Wilayah 3T, Menteri Johnny: Percepat Pemerataan Akses 4G Merambah Natuna
Sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo. Dalam proses percepatan ini, Kementerian Kominfo menargetkan penyelesaian pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang dapat menangkap sinyal 4G rampung di seluruh Indonesia pada 2022 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Pembangunan infrastruktur komunikasi jadi salah satu hal yang tengah menjadi fokus dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kementerian Kominfo).

Sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo. Dalam proses percepatan ini, Kementerian Kominfo menargetkan penyelesaian pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang dapat menangkap sinyal 4G rampung di seluruh Indonesia pada 2022.

Menurut Menkominfo Johnny G. Plate, selama ini pemerintah membangun infrastruktur TIK berbasis jaringan atau network.

Demi mempercepat pemerataan di seluruh Indonesia, pola pembangunan tidak lagi dari hulu ke hilir di upstream, tapi lebih ke pendekatan teritorial atau wilayah.

“Jadi pendekatannya sangat teritorial, untuk itu telah dilakukan analisis di mana saja di Indonesia ini berbasis desa atau kelurahan, titik-titik yang belum terjangkau sinyal yang secara umum dikenal sebagai blank spot,” ujarnya usai Peletakan Batu Pertama / Ground Breaking Proyek Infrastruktur Telekomunikasi Base Transciever Station (BTS), di Natuna, Kamis (22/04/2021).

Menkominfo menjelaskan pembangunan infrastruktur BTS 4G nantinya akan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 4.200 BTS untuk 4200 desa dan kelurahan akan dibangun pada tahun 2021.

“Bakti akan menyelesaikan pembangunan di 9.113 desa dan kelurahan, mulai dari tahun 2020 ini 1.209 desa dan kelurahan, tahun 2021 sebanyak 4.200 desa dan kelurahan, dan tahun 2022 ada 3.704 desa dan kelurahan. Sehingga seluruhnya 9.113 desa dan kelurahan itu bisa selesai dibangun pada 2022 nanti atau menghadirkan sinyal 4G di wilayah 3T,” tutur Johnny.

Sedangkan Di Natuna akan dibangun 17 BTS di 17 desa yang didukung dengan signal cepat 4G. Di Anambas akan dibangun 12 BTS 12 Desa, Bintan 5 BTS 5 Desa, dan Karimun 1 BTS 1 desa.

“Pembangunan ini selanjutnya akan dilakukan veririfikasi lapangan dahulu untuk menentukan titik-titik lokasi yang tepat sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal,” ujar Menkominfo RI Jhonny G Plate.

Baca Juga  Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah Hadiri 4th IMSS

“Dengan demikian, kita bersama-sama harapkan, Kominfo dan operator seluler bisa hadirkan sinyal 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia pada tahun 2022 nanti,” pungkas Johnny disambut tepuk gembira masyarakat kelanga.

Ilyas Sabli Politisi Nasdem Prov Kepri

Senada Dalam sambutannya Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dampingi Bupati Natuna Hamid Rizal, dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih karena akan membangun 37 BTS di Kepri. Masih ada 114 titik di Provinsi Kepri yang masih membutuhkan pembangunan BTS.

“Kami berharap Menteri Kominfo RI dapat terus melanjutkan program BAKTI di Natuna dan Kepri untuk meningkatkan akses telekomunikasi dan akses intormasi,” harap Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan Akses Internet kepada Kades Kelanga oleh Menteri Kominfo, Penyerahan Laptop Kepada Bendahara Desa Kelanga oleh Direktur BAKTI dan Ground Breaking Pembangunan BTS serta melakukan Peninjauan Kantor Desa Kelanga Sekaligus melihat produk UMKM Lokal serta Temu Tamah Kepada Masyarakat Desa Kelanga.

Turut hadir mantan Bupati Natuna
H.Ilyas Sabli kini sebagai Anggota DPRD Kepri dalam kunjungan kerja Menteri Johnny G. Plate Ke Natuna sosok dikenal sebagai seorang politikus dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137439
Users Last 30 days : 2928
Users This Month : 2523
Views This Year : 25741
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.119.123.76
Server Time : 2024-04-26
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya