Headline

Lindungi Ancaman Pesawat Udara, KRI Bentuk Formasi Tabir Di Perbatasan Laut Natuna Utara

GURINDAM.ID- Unsur dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) membentuk formasi tabir untuk melindungi badan utama (unsur angkut) dari ancaman pesawat udara, kapal atas air dan kapal selam musuh.

operasi pull back sebagai rangkaian proses pengakhiran latihan Operasi Amfibi Koarmada I Tahun 2021 di Laut Natuna Kepulauan Riau, Minggu (11/4/2021).

Pembentukan formasi tabir ini merupakan serial latihan screen exercise (screenex) dalam pelayaran menuju pangkalan awal usai reembarkasi personel dan material tempur marinir dari daerah pendaratan.

Dibawah komando KRI Bung Tomo-357 sebagai officer cammand serial (OCS), unsur-unsur KRI lainnya yang terdiri dari KRI John Lie-358, KRI Pattimura-371, KRI Tjiptadi-381, KRI Teuku Umar-385, KRI Teluk Ende-517, KRI Teluk Sibolga-536 dan KRI Teluk Cirebon-543, dengan sigap membentuk formasi.

Menempatkan KRI Teluk Ende-517 sebagai kapal penjuru, kapal-kapal lainnya mengambil baringan dan jarak sesuai instruksi OCS, sehingga terbentuk formasi tabir dengan tujuan melindungi badan utama yang mengangkut pasukan dan material tempur Marinir TNI AL.

Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib) Laksamana Pertama TNI Dato Rusman S.N., yang on board di Kapal Markas KRI Teluk Ende-517 menguraikan skema latihan Pull back.

“Pull back ini merupakan satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan dengan latihan utama dalam mendaratkan pasukan pendarat di pantai musuh,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan sampaikan Dato Rusman dirinya Bertugas apabila selesai setelah seluruh unsur yang berada dibawah tanggung jawabnya telah tiba dengan selamat di pangkalan awal atau home base.

“Semua unsur harus selamat maka tugas saya dinyatakan selesai,” sebutnya.

Sementara itu, mengutip kembali penekanan Direktur Latihan (Dirlat), Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K, diawal-awal latihan.

Dirinya menekankan agar seluruh peserta latihan memaksimalkan manuver lapangan dengan serial-serial latihan guna mempertahankan dan meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit matra laut.

“Sesuai arah kebijakan salah satu dari 9 prioritas pemimpin TNI AL dalam mewujudkan SDM TNI AL yang unggul menuju Indonesia maju,” sebut Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K. (Ria/jrg)

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Haji Rudi Optimis Batam Juara Umum MTQH X Kepri

BATAM - Malam pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an dan hadits (MTQH) X tingkat Provinsi Kepri di… Read More

6 jam ago

Danlantamal IV Dukung Pemilihan Duta Wisata Kota Batam 2024

KEPRI- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (DanLantamal) IV Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto CHRMP.,… Read More

6 jam ago

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

7 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

1 minggu ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

1 minggu ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.