PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Empat pesawat TNI AU dukung Serpas Satgas Penyangga Perbatasan RI-PNG

Mencerdaskan & Memuliakan - Februari 2, 2021
Empat pesawat TNI AU dukung Serpas Satgas Penyangga Perbatasan RI-PNG
Empat pesawat TNI AU dukung Serpas Satgas Penyangga Perbatasan RI-PNG - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Sebanyak empat pesawat TNI Angkatan Udara melaksanakan dukungan penerbangan pergeseran  pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501 Kostrad yang akan melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan Penyangga Republik Indonesia – Papua Nugini (RI-PNG).

Keempat pesawat, terdiri dari 3 jenis C-130 Hercules dan 1 jenis Boeing B-737, take off dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jaaa Timur, Selasa (2/2/2021).

Pesawat Boeing 737/ AI-7304 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasannudin Makasar, diterbangkan Kapten Pnb Panji dan Kapten Pnb Firman.

Satu pesawat C-130 Hercules/A-1319 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta diterbangkan  Kapten Pnb Riki dan Lettu Pnb Risky.

Dua pesawat hercules C-130 Hercules Skadud 32 Lanud Abdulrakhman Saleh Malang, masing-masing A-1303 diterbangkan Kapten Pnb Endrik dan Lettu Pnb Banu, serta  A-1337 diterbangkan oleh Mayor Pnb Fahmi dan Mayor Pnb Afwan.

Upacara pemberangkatan dipimpin Asops Panglima TNI Mayjen TNI Topan Aritonang dihadiri oleh Danlanud Iswahyudi Marsma TNI M. Untung Suropati, Waasop Kasau Marsma TNI Eding Sungkana, Danwing III Lanud IWJ Kolonel Pnb Anjar Legowo, sejumlah pejabat TNI Polri, pejabat pemerintah kota Madiun, dan Kabupaten Magetan.

“Saya tekankan agar evaluasi Satgas terdahulu dijadikan pelajaran penting untuk tidak terulang lagi kejadian yang merugikan TNI, ini perlu dipahami dengan baik terutama oleh unsur Komandan. Gunakan selalu pertimbangan utama dalam setiap pelaksanaan tugas,” tegas Asops Panglima TNI Mayjen TNI Topan Aritonang.

Selain itu, Asops Panglima TNI mengatakan, perhatikan faktor geografi dan demografi daerah operasi yang memiliki medan dan suhu yang cukup ekstrim. Pertimbangan faktor ini harus menjadi perhatian khusus pada saat perencanaan operasi guna memastikan pencapaian tugas pokok serta mengeliminir kemungkinan buruk bisa terjadi.

Baca Juga  Kapal Perang Singapura RSS Endeavour 210 Kirim Bantuan Untuk Indonesia

“Jaga soliditas satuan, antar Satuan TNI dengan instansi lain serta senantiasa tingkatkan Interoperability dan koordinasi dengan satuan lain baik sesama Satuan TNI maupun dengan Polri dan instansi lain dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok satuan,” ujarnya.

Asops Panglima TNI menekankan agar meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yakinkan pada diri masing-masing bahwa tugas operasi yang sedang dilaksanakan ini adalah tugas mulia. Utamakan keselamatan dan keamanaan personel maupun materiil selama operasi tanpa mengorbankan pertimbangan taktis di lapangan.

“Awali dengan perencanaan dan persiapan yang matang, laporkan secara berjenjang dan berikan keputusan yang tepat dan cepat, serta hindari pelanggaran, jaga nama baik satuan dan TNI,” harapnya. (Hms)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 3 9 8 4
Users Today : 50
Users Yesterday : 53
Users Last 7 days : 384
Users Last 30 days : 1672
Users This Month : 1451
Users This Year : 16492
Total Users : 83984
Views Today : 68
Views Yesterday : 81
Views Last 7 days : 575
Views Last 30 days : 2626
Views This Month : 2305
Views This Year : 23994
Total views : 137697
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.206.14.36
Server Time : 2022-06-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya