PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan
Baca Berita Dari Sumber terpercaya Click Baner www.anambaskab.go.id

Berwibawa Pakai Peci Hitam, Listyo Sigit Silaturahmi ke Muhammadiyah

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 29, 2021
Berwibawa Pakai Peci Hitam, Listyo Sigit Silaturahmi ke Muhammadiyah
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo melanjutkan safarinya ke sejumlah ormas Islam. Kali ini, Sigit datang ke bersilaturahmi ke pengurus PP Muhammadiyah terlihat mengenakan peci hitam, terpancar kesan wibawa sosok Kapolri, Jumat (29/1/2021).

PP Muhammadiyah mendukung program kerja Kapolri khususnya moderasi agama demi terciptaanya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

PP Muhammadiyah menyambut baik kunjungan Jenderal Sigit dan jajaran yang berlangsung penuh kekeluargaan. Muhammadiyah mengatakan bahwa Polri sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga Muhammadiyah.

“Alhamdulillah pertemuan berjalan dengan penuh semangat, kekeluargaan, dan keakraban, dan tadi Pak Ketua Umum (PP Muhammadiyah), Bapak Haedar Nashir menyampaikan bahwa Muhammadiyah sudah menganggap Polri ini sebagai bagian dari keluarga Muhammadiyah,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dalam jumpa pers di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021).

Mu’ti menerangkan, dalam pertemuan itu Muhammadiyah menyatakan mendukung penuh program kerja Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Program yang didukung Muhammadiyah salah satunya adalah moderasi.

“Poinnya Muhammadiyah mendukung program Pak Kapolri, terutama program yang berkaitan dengan moderasi. Pak Kapolri menyatakan bahwa moderasi itu adalah program yang akan beliau kembangkan,” ucap Mu’ti.

Kemudian ada dukungan penuh untuk Pak Kapolri menggunakan pendekatan lebih humanis, pendekatan yang lebih merakyat,” sambungnya.

PP Muhammadiyah dalam kesempatan itu juga mengusulkan tagline ‘polisi sahabat umat’ kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Merespons sambutan tersebut, Jenderal Sigit menyampaikan soal niatnya dan jajaran sowan ke PP Muhammadiyah. Menurutnya ini adalah bagian dari silaturahmi yang harus dijaga dengan salah satu ormas tertua di Indonesia ini.

“Selain bersilaturahmi, tentunya kami ingin bersinergi dengan PP muhaammadiyah. Banyak program yang harus kami laksanakan ke depan. Kami akan lebih kuat kalau kami dibantu oleh PP muhammdiyah,” kata Sigit.

Baca Juga  Silaturahmi Bersama Ketua MUI Sulsel, Kapolri: Dukungan Ulama Sangat Penting

Jenderal Sigit dalam pertemuan dengan PP Muhammadiyah menjabarkan soal moderasi agama dalam menjaga kamtibmas di masyarakat, serta memberantas intoleransi hingga radikalisme. Konsep moderasi agama ini sebelumnya dia paparkan dalam makalah ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan.’

Konsep moderasi agama yang akan dijalankan Jenderal Sigit adalah, pemeliharaan Kamtibmas dengan pengarusutamaan moderasi beragama dalam memperkokoh NKRI.

Polri akan berkolaborasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas berbasis keagamaan dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk melibatkan para ahli dan civil society dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat atas pemahaman Pancasila sebagai ideologi negara yang memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, termasuk dalam beribadah.

Terkait pemeliharaan kamtibmas dari bahaya terorisme, upaya deteksi aksi menjadi langkah utama.

Pendekatan lunak atau soft approach akan dikedepankan dengan bekerja sama dengan BNPT. Pelibatan civil society dan tokoh masyarakat atau agama akan dioptimalkan dalam pembinaan masyarakat.

Namun terhadap segala sesuatu yang mengganggu keamanan dan keselamatan rakyat, Jenderal Sigit menyatakan Polri akan menindak dengan tegas sesuai hukum yang berlaku. (Sln)
Sumber: Detik.com

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 5 2 4 6 0
Users Today : 9
Users Yesterday : 234
Users Last 7 days : 1634
Users Last 30 days : 5980
Users This Month : 4262
Users This Year : 52459
Total Users : 52460
Views Today : 12
Views Yesterday : 299
Views Last 7 days : 2217
Views Last 30 days : 9060
Views This Month : 6295
Views This Year : 90930
Total views : 90931
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.215.177.171
Server Time : 2021-09-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya