Categories: HeadlineNATUNA

Badan Usaha Milik Desa Dan Inovasi Desa Natuna, Anrizal Zen: Ayo Kita Kembangkan

GURINDAM.ID – Saat ini, desa sudah diberikan kewenangan untuk mengatur wilayah, ekonomi dan masyarakatnya sendiri. Kewenangan ini disahkan melalui UU Desa tahun 2014.

Dengan diberikannya kewenangan untuk mengatur wilayahnya sendiri, desa saat ini sudah dapat mengembangkan ekonominya secara mandiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan ekonomi desa.

Salah satunya adalah mengembangkan aset desa sebagai potensi. Desa memiliki aset-aset asli desa yang dapat berbentuk tanah, kolam, sumber mata air ataupun sumber daya alam lainnya.

Dalam kesembatan berbincang bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Anrizal Zen, ST dirinya menekankan kepada perangkat desa agar bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan dana desa seperti pemberdayaan masyarakat lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Langkah tersebut menurut Anrizal diyakini dapat meningkatkan perekonomian desa dalam jangka panjang. Sehingga angka kemiskinan di desa juga bisa menurun secara signifikan.

“Sekarang harus lebih banyak inovasi di desa agar tidak monoton itu-itu saja. Jangan sampai dana desa yang sudah berjalan sampai tahun ke empat ini belum bisa menekan angka kemiskinan secara signifikan di desa.

Pemanfaatannya harus lebih kreatif, harus lebih menyentuh di masyarakat,” ujar Anrizal saat temui berapa waktu lalu di Ranai.

Dikatakannya, BUMDes harus dapat memicu masyarakat untuk ikut berkiprah dan memiliki dampak untuk perekonomian desa.

Hal itu membuat masyarakat bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan BUMDes yang dibiayai dari dana desa.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada beberapa desa di kabupaten Natuna yang memanfaatkan dana desa dengan cara pengelolaan potensi sumber daya alam yang ada untuk pembangunan bembangunan objek wisata.

Anrizal juga menyebutkan Inovasi dalam mengelola desa menjadi langkah yang harus dimiliki kalau sebuah desa ingin lebih maju dan makmur.

“Inovasi akan mampu menggali dan mengembangkan potensi yang ada demi kemajuan bersama,” sebutnya.

Menurut Anrizal, inovasi yang ada diharapkan mampu membawa manfaat bagi masyarakat di masing-masing desa. Tentu saja, lanjutnya, manfaat ini ujung-ujungnya adalah tumbuh kembangnya perekonomian desa.

Hal ini akan membawa pengaruh positif bagi kesejahteraan warga. Dengan adanya peningkatan kesejahteraan warga berarti akan ada penurunan angka kemiskinan. (Son)

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.