Hadir Di Natuna Suryani Mengajak Maksimalkan Potensi Ekonomi

Mencerdaskan & Memuliakan - November 24, 2020
Hadir Di Natuna Suryani Mengajak Maksimalkan Potensi Ekonomi
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)

GURINDAM.ID- Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Isdianto-Suryani (INSANI) terus mengajak dan memotivasi warga Kepri untuk bersama-dam bangkit dari keterpurukan ekonomi yang salah satu penyebabnya pandemi covid 19.

Pasangan yang dikenal dengan slogan INSANI ini yakin, sektor UMKM bakal mampu menekan angka pengangguran sekaligus mengentaskan kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat adalah dengan mendorong tumbuhnya UMKM. Sektor ini sudah terbukti tahan banting, mampu menghadapi hantaman resesi global sekalipun,” kata Suryani Di hadapan Warga Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (23/11/2020).

Suryani berjanji jika terpilih akan mendukung dan membantu tubuh kembangnya, segala jenis usaha kecil dan menengah.

“Saya melihat pulau Natuna sangat potensial terlebih lagi dari sektor perikanan, kita akan maksimalkan hasil perikanan dan olahannya,” kata Suryani.

Suryani melanjutkan, Produk yang dibuat oleh UKM harus terus berinovasi dan bertransformasi dengan zaman dan kemauan pasar agar barang tersebut disukai dan laku di pasaran.

Dijelaskan Suryani ia akan memberikan perhatian khusus bagi pelaku UKM, untuk dapat memproduksi sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin, agar Khas Natuna berupa produk olahan dapat di produksi lebih maksimal lagi.

Suryani menambahkan bahwa 96 persen wilayah Kepri mayoritas lautan, sehingga harus ada sekolah yang bergerak di bidang maritim dan kelautan agar sumberdaya kelautan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Sehingga sesuai dengan kondisi ruang kita yang mayoritas lautan. Ekonomi kita belum dapat banyak dari sektor kelautan,” ujarnya.

Selanjutnya Suryani mengatakan pihaknya akan menambahkan sekolah kejuruan di sektor kelautan bisa diperbanyak. Hal itu sesuai dengan kondisi Kepri saat ini.

Suryani menegaskan mencoba untuk menghidupkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengasah kemampuan anak-anak Kepri sehingga mempunyai keterampilan untuk bekerja.

Baca Juga  Saksikan Ada Penari Air Sabtu Malam Puncak HUT ke-29 MNCTV

Visi pasangan INSANI adalah terwujudnya provinsi Kepulauan Riau Sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju, Gemilang, dan Unggul di Bidang Maritim.

Ada enam sektor yang jadi prioritas dalam misi pasangan INSANI. Masing-masing sektor pendidikan, kesehatan, perekonomian, maritim, agama dan sosial, dan tata kelola pemerintahan.

Untuk sektor kesehatan, INSANI akan menjamin akses terhadap layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kepri.

Menjamin ketersediaan sarana dan prasarana penanganan dan pengendalian penyakit menular termasuk Covid-19, dan menyiapkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan merata di semua daerah.

Pada sektor pendidikan, INSANI akan menjamin ketersediaan pendikan gratis sampai tingkat SLTA di sekolah negeri dan memberi subsidi pendidikan untuk sekolah swasta serta memberikan beasiswa untuk anak Kepri berprestasi.

INSANI juga akan mendorong penguatan pendidikan karakter untuk membangun SDM Unggul dan berahlak mulia, pelestarian budaya melayu untuk menegaskan Kepri sebagai bunda tanah melayu

dan memajukan sektor pendidikan informal dengan mendirikan sejumlah BLK (Balai Latihan Kerja) untuk menjamin kualitas tenaga kerja lokal. (Ron)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X