Kapal Pompong Midai Akhirnya Ditemukan Selamat

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 15, 2020
Kapal Pompong Midai Akhirnya Ditemukan Selamat
Kapal Motor (Pompong) KM Sumber Cahaya yang mengangkut 10 ekor sapi dan 5 ABK, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Rabu (15/7/2020) - (Gurindam.id/Istimewa)
Editor Nasrul

Anambas, Gurindam.id – Kapal Motor (Pompong) KM Sumber Cahaya yang mengangkut 10 ekor sapi dan 5 ABK, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Kapal yang berlayar dari Midai Kabupaten Natuna menuju Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas, pada Rabu (8/7/2020) lalu itu, ditemukan tim SAR gabungan TNI dan Polri serta bantuan masyarakat, pada Rabu (15/7/2020) sekitar pukul 13.43 di belakang pulau Timau. Dugaan sementara, kapal tersebut hanyut, lantaran mesinnya mati saat dihantam ombak.

Berdasarkan informasi yang diterima redaksi Media Online Gurindam.id, Rabu (15/7/2020), penemuan kapal bertonase 6 GT itu, berdasarkan hasil pantauan pesawat udara TNI AL CN 235 P-8304 sekitar pukul 11.45 Wib, menemukan kumpulan sampah jerami pada posisi 03.02 U -106.48 T.

Dari informasi pesawat udara TNI AL itu, diteruskan kantor pusat badan nasional pencarian dan pertolongan (Basarnas) kepada Komandan Guspurla, Laksma Didong. Selanjutnya, hasil KRI Bontang melakukan pemantuan terhadap posisi KM Sumber cahaya pada radius 30 NM (Nautical Miles) dari posisi Lost Contact terakhir dan berhasil menemukan benda terapung berupa batang kayu, namun terlihat bukan bagian dari kapal KM Sumber Cahaya.

 

Suasana Evakuasi ABK KM Sumber Cahaya, Kapal yang membawa 10 ekor sapi menuju Tarempa. Karena diduga mesin mati, kapal tersebut hanyut oleh ombak.

KRI Bontang, lebih lanjut melaksanakan pencarian di tiga titik yang terlihat benda mengapung yang menyerupai bagian kapal. Selain itu, terlihat beberapa batang kayu dan bonggol sawit.

Pada pukul 14.30 Wib melalui frekuensi radio 143000 dari KM. Tuna yang dinakhodai Eko Saputra yang berposisi di dermaga Midai mendapat informasi dari kapal Nelayan Midai KM. Pindo yang dinakhodai Din Parto dan KM. Putra Melayu dengan nakhoda Amir menggandeng KM. Sumber Cahaya, untuk selanjutnya kembali ke Midai. Seluruh ABK berhasil dievakuasi. Diperkirakan, pada pukul 18.00 Wib rombongan kapal itu tiba di Midai,

Baca Juga  Yuk Beli Emas, Melonjakan Capai Level Tertinggi di Pekan ini

Koordinator Pos SAR Kabupaten Kepulauan Anambas, Febri Beni saat dikonfirmasi awak media membenarkan penemuan pompong tersebut. “Ya, benar. sudah ditemukan. Sebentar kita kirim dokumennya yang lengkap,” kata Febri, Rabu (15/7/2020).

Seperti diketahui, pompong yang membawa 10 ekor sapi, dengan ukuran 6 GT (Gross Tonnage) membawa ABK dan penumpang yakni Suep (50), Supardi (55), Junai (60) dan Man (54) beserta istri yang belum diketahui indentitasnya, itu berangkat dari Midai menuju Tarempa pada Rabu (8/7/2020) pukul 20.00 WIB, dimana diperkirakan sampai di Tarempa pada Kamis (9/7/2020) pukul 11.00 WIB.

Namun naas, sebelum tiba di Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas, mesin kapal tersebut mati dan hanyut diseret gelombang. (red)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X