PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Jelang Nataru BPOM Lakukan Intensifikasi Pengawasan Produk Pangan Olahan

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 25, 2021
Jelang Nataru BPOM Lakukan Intensifikasi Pengawasan Produk Pangan Olahan
Jelang Nataru BPOM Lakukan Intensifikasi Pengawasan Produk Pangan Olahan - (Gurindam.id)
RajaBackLink.com
Editor fajar

Tanjungpinang, Gurindam.id – Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Loka POM di Kota Tanjungpinang Melakukan Intensifikasi Pengawasan Produk Pangan Olahan.

Kepala BPOM Tanjungpinang, Rai Gunawan mengatakan bahwa ini merupakan komitmen BPOM Tanjungpinang dalam mengawal keamanan pangan untuk melindungi kesehatan masyarakat, terutama dari bahaya pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) dengan melakukan Intensifikasi Pengawasan Produk Pangan di berbagai sarana distribusi pangan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Intensifikasi Pengawasan Pangan Olahan yang sudah dilakukan dari tanggal 1 Desember 2021 dan akan berlangsung hingga tanggal 7 Januari 2022. Kegiatan intensifikasi ini merupakan antisipasi bahaya produk pangan Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) yang berpotensi meningkat pada hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru,” ucapnya, saat di temui di ruang kerjanya pada Jumat (24/12).

Intensifikasi pengawasan dilakukan dalam 5 (lima) tahap dan difokuskan pada pengawasan pangan olahan Tanpa Izin Edar (TIE) atau ilegal, kedaluwarsa dan rusak pada sarana distribusi pangan (importir/distributor, toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional, para pembuat dan atau penjual parsel).

“Sampai minggu ke-4 Desember, Loka POM di Kota Tanjungpinang telah memeriksa 15 sarana distribusi pangan, berupa distributor dan ritel dengan hasil berikut, 8 sarana distribusi Memenuhi Ketentuan dan 7 sarana distribusi Tidak Memenuhi Ketentuan. Pelanggaran tersebut didominasi oleh temuan pangan olahan tanpa izin edar / Hlegal sebanyak 481 kemasan 90,93 persen dan pangan kedaluwarsa sebanyak 48 kemasan 9,07 persen,”ungkap Kepala BPOM Tanjungpinang.

Selain melakukan pengawasan secara langsung ke distributor pangan, Loka POM di Kota Tanjungpinang juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pangan aman, baik melalui sosialisasi langsung maupun tidak langsung seperti melalui media sosial.

“Oleh karena itu, Masyarakat dihimbau untuk menjadi konsumen cerdas dalam memilih produk sangan yang akan dikonsumsi, yaitu dengan selalu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin dar dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan mengonsumsi produk pangan,” tambahnya. (MS)

Baca Juga  Guru SD dan Lurah Tanjungpinang Kota Kompak Cabuli Dua Pelajar
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 4 1 3 0
Users Today : 0
Users Yesterday : 19
Users Last 7 days : 277
Users Last 30 days : 1719
Users This Month : 1597
Users This Year : 16638
Total Users : 84130
Views Today :
Views Yesterday : 30
Views Last 7 days : 458
Views Last 30 days : 2731
Views This Month : 2534
Views This Year : 24223
Total views : 137926
Who's Online : 0
Your IP Address : 5.133.192.193
Server Time : 2022-06-30
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya