PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Hasil Survei Persepsi Publik Atas Kinerja KPK

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 6, 2021
Hasil Survei Persepsi Publik Atas Kinerja KPK
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia mencatat tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja KPK mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Bahkan, saat ini KPK berada di peringkat 5 lembaga paling dipercaya dibandingkan lembaga negara lainnya.

Survei Indikator Politik mulanya memaparkan tingkat kepercayaan terhadap institusi negara. Hasilnya, TNI menjadi lembaga negara yang paling dipercaya oleh publik Kemudian disusul oleh Presiden dan Polri.

Menangapi hasil riset yang dilakukan oleh Lembaga Survei INDIKATOR khususnya pada isu pemberantasan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangapi terkait penilaian atas KPK.

“Kami selalu melihat hasil riset yang mengukur persepsi publik terhadap kinerja KPK, sebagai feedback sekaligus bahan masukan terhadap perbaikan atas pelaksanaan tugas-tugas pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK,” ungkap Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri, kepada Gurindam.id, Senin, (6/12/2021).

Ali mengatakan, Merujuk pada riset tersebut, jika kita bandingkan antara hasil survei pada bulan Juli 2021 dengan November 2021,
survei menunjukkan bahwa persepsi publik terhadap hasil kinerja pemberantasan korupsi secara keseluruhan mengalami peningkatan positif.

“Potret baik ini tentu tak lepas dari sinergisitas dan dukungan seluruh pemangku kepentingan, baik antar-APH, Kementerian/lembaga, instansi pusat maupun daerah, pelaku usaha, dan seluruh elemen masyarakat,” sambung Ali.

Publik juga memberikan apresiasinya terhadap penegakkan hukum dengan memberikan mayoritas penilaian “baik”.

“Hal ini tentu menjadi dorongan bagi KPK dan aparat penegak hukum lain, dalam konteks penanganan tindak pidana korupsi, untuk terus menyatukan visi, saling memahami tugas pokok fungsi masing-masing institusi, serta menjadi counterpartner yang positif guna memberikan hasil dan manfaat yang optimal atas penegakkan hukum TPK bagi masyarakat,” sebut dia.

Meskipun dalam poin lainnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK mengalami penurunan.

Baca Juga  Akses Internasional dan Lokal Mantap, Wahyu Dhyatmika duet Maryadi Pimpin AMSI 2023-2027

“Kami akan mempelajari faktor-faktor penyebab untuk segera melakukan langkah-langkah perbaikannya,” sebutnya.

Selain itu Ali mengatakan, publik juga penting untuk memahami bahwa pelaksanaan pemberantasan korupsi tidak hanya sebatas pada upaya-upaya represif, dengan menindak para pelaku, juga dilakukan upaya-upaya pencegahan guna memperbaiki sistem dan tata kelola suatu institusi untuk menutup celah-celah rawan korupsi.

“Kini, KPK juga intens melakukan penanaman nilai-nilai Integritas melalui jalur pendidikan, agar kelak generasi baru Indonesia tertanam nilai-nilai dan budaya antikorupsi,” paparnya.

Sehingga, harapannya, masyarakat bisa terus merasakan manfaat nyata atas hasil dan kinerja pemberantasan korupsi tersebut.
(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136856
Users Last 30 days : 2936
Users This Month : 1940
Views This Year : 24888
Who's Online : 1
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya