PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Sekdispotmaral Hadiri Pelatihan Ketahanan Pangan Kampung Bahari Nusantara

Mencerdaskan & Memuliakan - November 4, 2021
Sekdispotmaral Hadiri Pelatihan Ketahanan Pangan Kampung Bahari Nusantara
 - (Sekdispotmaral Bersama Tamu Undangan Berfoto Bersama)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

Anambas, Gurindam.id -Pelatihan Ketahanan Pangan yang digelar oleh Lanal Tarempa beberapa waktu lalu, kini sudah resmi ditutup dengan Sekretaris Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Sekdispotmaral) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Kamis (05/11/2021) di Kampung Bahari Nusantara, Desa Batu Belah.

Sekdispotmaral Mabesal, Kolonel Laut (P) I Gusti Aswandi Chandra menuturkan, pelatihan ini merupakan sumbangsih dari Angkatan Laut dalam memajukan serta meningkatkan perekonomian masyarakar pesisir.

“Salah satu upaya kita dalam memajukan masyarakat pesisir yakni dengan melaksanakan pelatihan kepada masyarakat Desa Batu Belah ini, karena mengingat wilayah Natuna dan Anambas merupakan wilayah perbatasan yang menjadi sorotan, dan perlu kita jaga sebagai wilayah pemberdayaan pertahanan laut,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menerangkan, tujuan dilakukannya pelatihan-pelatihan budidaya kerapu ini yaitu menciptakan kesejahteraan masyarakat pesisir, sehingga nantinya anak-anak muda di Kampung Bahari Nusantara bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan bela negara dan cinta tanah air yang dibina oleh Lanal Tarempa.

“Kami selaku Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut mendukung penuh kegiatan ini, dan tak hanya di Anambas saja, tetapi kegiatan serupa juga dilaksanakan dibeberapa wilayah lain, seperti di Lantamal 7 Kupang, Lanal Cirebon, Lanal Cilacap, dan terakhir ditutup di Lanal Tarempa ini,” jelas Aswandi.

Selain budidaya ikan kerapu, Aswandi menyebutkan, ada beberapa budidaya lain nantinya yang akan dilakukan pelatihan serupa kepada masyarakat pesisir, Dirinya memprioritaskan pada pangan-pangan laut yang bisa dimanfaatkan serta bisa diekspor keluar Daerah.

Alasan pihaknya memilih budidaya kerapu di Desa Batu Belah ini juga bukan tanpa sebab, karena ikan kerapu merupakan salah satu potensi andalan dari Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri.

Terakhir, Ia berharap dengan dari diadakannya pelatihan ini, kedepannya masyarakat mampu memanfaatkan potensi-potensi yang ada di Anambas, serta nantinya bisa meningkatkan perekonomian serta mensejahterakan masyarakat pesisir.

Baca Juga  Bendungan Tukul Pacitan Dukung Ketahanan Pangan dan Pertanian di Kabupaten Pacitan

Turut hadir dalam kegiatan kali ini, Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, Danramil 02 Tarempa, Kapten (Chb) Dede Tri Haryanto, Danlanudal Matak, Mayor Laut (E) Agus Baharudin, Kapolsek Siantan, IPTU Gunawan Husein, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Anambas, Muh Nasrul Arsyad, serta Kepala Dinas Perikanan, Pertanian, dan Pangan (DP3) Anambas, Effi Sjuhairi. (FR).

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 4 1 0 9
Users Today : 39
Users Yesterday : 28
Users Last 7 days : 280
Users Last 30 days : 1719
Users This Month : 1576
Users This Year : 16617
Total Users : 84109
Views Today : 66
Views Yesterday : 46
Views Last 7 days : 458
Views Last 30 days : 2731
Views This Month : 2502
Views This Year : 24191
Total views : 137894
Who's Online : 0
Your IP Address : 40.77.167.28
Server Time : 2022-06-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya