PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Inilah Manfaat Berpuasa Senin dan Kamis Bagi Tubuh Kita

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 5, 2021
Inilah Manfaat Berpuasa Senin dan Kamis Bagi Tubuh Kita
kegiatan Pesantren Musim Panas 2021 di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani resmi dimulai - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID-Hari ini adalah hari Senin, yang merupakan hari awalan dalam setiap pekannya. Hari Senin dan kamis juga biasanya umat islam melaksanakan puasa sunnah. Kenapa hari senin banyak umat muslim berpuasa?

Puasa Senin Kamis biasa dilakukan umat muslim secara rutin, karena merupakan sunah nabi. Tak hanya mendatangkan pahala, puasa Senin, Kamis juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Pengendalian hawa nafsu sebetulnya sudah dilakukan saat puasa Ramadhan. Tapi manusia zalim pada diri sendiri sehingga kita dikasih banyak puasa sunah. Tujuannya mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa makan secukupnya dan menerapkan pola hidup sehat,” kata

dr Zaidul Akbar selalu sampaikan dalam tiap dakwah dan info kesehatan di Youtube.

Berikut Niat Puasa Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala”

Dilansir dari Tempo.co, puasa Senin Kamis dinilai efektif dalam menurunkan berat badan sekaligus mengontrol produksi gula darah.

  1. Dapat Memperpanjang Usia

Pembatasan asupan makanan dengan jeda waktu tertentu seperti puasa Senin Kamis ternyata berpengaruh dalam meningkatkan usia harapan hidup sekaligus membuat tubuh tetap prima saat usia tua.

Seseorang yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung lebih bugar dan tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini layaknya mereka yang tidak menjaga pola makan.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Puasa ternyata mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Puasa dan diet tinggi lemak seperti keto juga diklaim dapat melindungi otak dari potensi parkinson dan alzheimer. Mereka yang disiplin menjalankan metode diet semacam ini juga dinilai lebih fokus dan menunjukkan kemampuan daya ingat yang meningkat.

  1. Mengurangi Potensi Serangan Jantung

Seseorang yang rutin menjalankan puasa dengan jeda waktu tertentu juga memiliki risiko serangan jantung lebih rendah. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sistolik pada partisipan yang terlibat dalam penelitian.

Baca Juga  Viral Kisah Suster Mia, Terjebak Reruntuhan Rumah Sakit saat Berusaha Selamatkan Bayi

Yang dimaksud tekanan darah sistolik ialah tekanan yang diterima pembuluh darah ketika jantung berdetak. Penurunan tekanan darah sistolik berpengaruh langsung dalam mengurangi tekanan pada arteri sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

  1. Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker Tertentu

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal. Meski tergolong sebagai penyakit yang sulit disembuhkan, efek buruk pertumbuhan sel kanker ternyata dapat dikurangi dengan berpuasa.

Sejumlah penelitian terkait pernyataan ini masih berdasarkan hasil eksperimen pada hewan dan model sel tertentu. Namun, hasil eksperimen lainnya menunjukkan penderita kanker yang berpuasa 8-10 jam jelang pengobatan rutin tidak merasakan adanya rasa pegal, lemas, atau gangguan pencernaan saat menjalani pengobatan.

  1. Mengurangi Resistansi Insulin dan Risiko Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 kini semakin jamak diderita pasien dari beragam usia dan latar belakang. Resistansi insulin atau penurunan fungsi insulin merupakan salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2. Puasa banyak dianjurkan praktisi kesehatan sebagai metode terapi untuk mengurangi resistansi insulin dan diabetes tipe 2.

Berdasarkan penelitian, tubuh manusia yang menjalani puasa rutin mengalami penurunan kadar gula darah hingga 5-6 persen. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi ginjal dari kerusakan, yang merupakan salah satu komplikasi penyakit diabetes. (lia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 4 2 5 1
Users Today : 18
Users Yesterday : 30
Users Last 7 days : 209
Users Last 30 days : 1488
Users This Month : 98
Users This Year : 16759
Total Users : 84251
Views Today : 26
Views Yesterday : 46
Views Last 7 days : 409
Views Last 30 days : 2401
Views This Month : 212
Views This Year : 24488
Total views : 138191
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.192.94.86
Server Time : 2022-07-04
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya