PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Imam Shamsi Ali: Program Pesantren Musim Panas di Amerika dimulai

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 3, 2021
Imam Shamsi Ali: Program Pesantren Musim Panas di Amerika dimulai
kegiatan Pesantren Musim Panas 2021 di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani resmi dimulai - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Syukur alhamdulillah, setelah melalui persiapan-persiapan yang cukup baik, akhirnya kegiatan Pesantren Musim Panas 2021 di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani resmi dimulai. Acara pembukaan dilangsungkan pada sore hari, Jumat 2 Juli 2021.

Program yang akan berlangsung selama dua bulan ini, dari tgl 2 Juli hingga 28 Agustus, diikuti oleh 45 peserta dari berbagai negera bagian di Amerika dan juga Kanada.

Selama program para peserta diharapkan mendalami ilmu-ilmu Islam, seperti akidah, fiqh, sirah, akhlak, dan tentunya Ilmu Al-Quran. Bahkan ditargetkan peserta akan menyelesaikan 5 juz hafalan Al-Quran.

Selain Pembina tetap kegiatan pesantren Nur Inka Nusantara Madani, Al-Ustadz Muthahhir Arif, MPD yang didampingi oleh 3 guru lainnya, tahun ini juga akan dihadirkan menjadi Instruktur pada kegiatan ini 5 ustadz muda yang langsung dari Indonesia.

Mereka berada di US dalam rangka mengikuti kegiatan GLP (Global Leadership Program) for Ustadz yang dikelolah oleh Nusantara Foundation, sekaligus menjadi tenaga pengajar di pesantren Nur Inka Nusantara Madani.

Program pesantren musim panas ini diharapkan menjadi salah satu kegiatan vital dalam upaya menjaga iman dan Islam generasi muda di Amerika.

Bahwa di tengah kemajuan sains dan teknologi, khususnya di bidang informasi, terkhusus lagi dengan berkembangnya berbagai media sosial, generasi kita terancam degradasi iman dan moralitas. Bahkan terancam kehilangan identitas diri dan arah hidup yang benar.

Di sìnilah pesantren Nur Inka Nusantara Madani, termasuk kegiatan musim panas ini, akan memainkan peranan krusial tersebut.

Bahwa setelah mengikuti program ini, anak-anak kita tidak saja berhasil menimbah ilmu secara konseptual. Tapi yang lebih penting lagi mampu membangun karakter keislaman dalam kehidupan mereka.

Di pesantren ini anak-anak kita dilatih hidup dengan karakter agama yang indah. Bangun dinihari, qiyamullael (tahajjud), sholat subuh berjamaah (dan lima waktu lainnya), tilawah, hingga kepada latihan kesopanan kepada guru dan sesama santri.

Baca Juga  Calon Doktor Fisika itu bersyahadat

Dan karenanya harapan kita dengan mengikuti program ini anak-anak akan memiliki bekal yang solid untuk hidup secara Islam ke depan.

Tetap menjaga iman dan Islam di tengah derasnya serangan budaya lain yang seringkali mengancam identitas mereka.

Sebagai generasi yang hidup di dunia Barat, Amerika khususnya, saya biasa memberikan ilustrasi dengan seseorang yang punya rumah besar yang mewah.

Sayangnya rumah itu terletak di samping sungai yang dalam dan deras. Anak-anak itu bisa keluar rumah dan terjatuh ke dalam sungai dan mati.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjaga keselamatan anak-anak itu?

Ada tiga pilihan atau alternatif. Pertama, jangan biarkan anak-anak itu keluar dari rumah. Tapi nampaknya pilihan ini tidak realistis. Sebab kebutuhan dan godaan keluar rumah lebih besar.

Kedua, pagari sekitar sungai itu. Tapi sungai itu dan dari masa ke masa semakin panjang. Dulu sungai itu hanya radio, lalu TV.

Sekarang ini dengan internet dan berbagai media sosial sungai itu semakin panjang, semakin jauh jangkauannya dan tidak mungkin lagi dipagari.

Karenanya tinggal pilihan ketiga. Yaitu mengajarkan renang kepada anak-anak kita. Agar di saat mereka keluar rumah dan terjatuh ke dalam sungai itu mereka bisa berenang dan menyelamatkan diri mereka.

Di sìnilah pesantren ini memainkan peranan. Mengajarkan renang kepada anak-anak kita.

Agar kelak di saat mereka keluar sana, dan jika terjatuh ke dalam sungai itu (terlibat dalam masyarakat) mereka memiliki bekal kemampuan berenang untuk menyelamatkan diri.

Iman, ilmu dan akhlak itu adalah bekal dan skill untuk menyelamatkan diri mereka dari bahaya arus deras sungai lingkungan yang kurang bersahabat.

Dan bekal itulah yang mereka akan dapatkan dari berbagai program dan kegiatan di pesantren Nur Inka Nusantara Madani Connecticut, AS. Insya Allah!

Moodus, 3 Juli 2021

* Presiden Nusantara Foundation

*Untuk ikut terlibat dalam perjuangan kita, silahkan salurkan donasi terbaiknya di Rekening berikut:

BNI Syariah: 887000045
Bank Mandiri: 1240000018185
Bank Syariah Mandiri: 7774454459
A.n: Yayasan Inka Nusantara Madani

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 4 1 5 9
Users Today : 6
Users Yesterday : 23
Users Last 7 days : 278
Users Last 30 days : 1626
Users This Month : 6
Users This Year : 16667
Total Users : 84159
Views Today : 19
Views Yesterday : 53
Views Last 7 days : 450
Views Last 30 days : 2606
Views This Month : 19
Views This Year : 24295
Total views : 137998
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.228.219
Server Time : 2022-07-01
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya