PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Temukan Limbah di Teluk Jakarta, Bakamla RI dan KLHK Gelar Operasi Bersama

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 17, 2021
Temukan Limbah di Teluk Jakarta, Bakamla RI dan KLHK Gelar Operasi Bersama
Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bersama unsur patroli RHIB 87 – 11 bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) - (Gurindam.id)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bersama unsur patroli RHIB 87 – 11 bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Operasi dengan kapal Kalpataru Sudin LHK Kepulauan Seribu menggelar patroli menindaklanjuti temuan dugaan tumpahan cairan limbah berbahaya oleh unsur patroli Bakamla RHIB 87-11 di sekitar perairan Teluk Jakarta, kemarin.

Menurut keterangan disampaikan Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla diterima Gurindam.id, pada Kamis, (17/6/2021).

Dalam patroli gabungan ini, Tumpahan cairan limbah berbahaya diduga berasal dari aktifitas kapal-kapal yang sedang berlabuh di sekitar Buoy Timur Tanjung Priok, Kali Baru dan Marunda.

Selain itu ada dugaan tumpahan cairan limbah B3 itu berasal dari aktifitas bongkar muat oli kotor sisa Crud Palm Oil (CPO) dan pemotongan kapal yang berada di Tanggul Pengaman Pantai Kali Baru.

Tim gabungan terdiri dari 7 personel RHIB 87 – 11 Bakamla RI, 4 personel Balai Gakkum KLHK dipimpin PPLH Madya Bertua Aruan beserta 3 orang penyidik, PDLK Sudin Kepulauan Seribu Glen Wanara bersama 10 orang staf dan awak kapal Kalpataru melaksanakan inspeksi.

Penelusuran dimulai dari tempat bongkar muat oli kotor dan pemotongan kapal di Kali Baru. Hasil pemeriksaan mendapati sebuah aktifitas penyimpanan oli kotor yang termasuk dalam kategori limbah B3 tanpa izin.

Selanjutnya Tim Patroli gabungan menyusuri Sungai Cilincing hingga bermuara ke laut dan mendapati banyak tempat di bantaran sungai yang dijadikan untuk penyimpanan oli kotor, gudang limbah CPO, serta gudang besi tua.

Disela-sela kegiatan, Direktur Operasi Bakamla Laksma Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si (Han) mengatakan Patroli gabungan tesebut merupakan bentuk sinergitas tugas operasional dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dari instansi yang berwenang yakni Bakamla dan KLHK dalam menindak pelanggaran hukum pencemaran limbah di laut.

Baca Juga  Wakil Bupati Rodhial Huda Penyerahan Beasiswa MAN 2 Natuna

“Dengan adanya patroli bersama, menunjukan kekompakan antar lembaga pemerintah dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan di laut,” ujar Laksma Bakamla Suwito.

Kegiatan patroli gabungan di laut diakhiri dengan penyerahan berita acara oleh PPLH Madya Bertua Aruan kepada Komandan Tim Paroli Bakamla RI Serma Bakamla Akhmad Sodikin sebagai bukti bahwa temuan dugaan pencemaran limbah di Teluk Jakarta telah ditindaklanjuti dan akan diproses lebih lanjut oleh penyidik KLHK.

(Ria/jrg)

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137414
Users Last 30 days : 2986
Users This Month : 2498
Views This Year : 25685
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya