PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

DPRD Anambas Gelar Paripurna Tiga Ranperda Prioritas

Mencerdaskan & Memuliakan - April 2, 2021
DPRD Anambas Gelar Paripurna Tiga Ranperda Prioritas
Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, saat memimpin sidang paripurna penyampaian tiga ranperda prioritas, Rabu (31/4/2021) - (Gurindam.id/Ist)
RajaBackLink.com
Editor admin

Anambas, Gurindam.id– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di Gedung DPRD Jalan Iman Bonjol, Kecamatan Siantan, Rabu (31/03/2021).

Ketua DPRD Hasnidar, mengutarakan Paripurna DPRD itu berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 120 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 80 tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota.

Selanjutnya, dituangkan dalam Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2020 tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sementara itu, Tiga Ranperda Prioritas Program Pembentukan Peraturan Daerah (Prompemperda) tahun anggaran 2021 disampaikan langsung oleh Bupati KKA, Abdul Haris, SH. diantaranya pemberian insentif dan atau pemberian kemudahan kepada masyarakat atau investor, Perubahan atas peraturan daerah nomor 7 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah, dan Perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang desa.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, pemerintah melakukan evaluasi perangkat daerah baru, pemekaran perangkat daerah dan penyesuaian nomenklatur dengan beberapa pertimbangan sesuai visi dan misi kepala daerah, guna membangun daerah secara optimal dan berkesinambungan.

“Perangkat daerah merupakan unit organisasi yang akan melaksanakan rencana pembangunan. Oleh karena itu, harus mampu mengakomodir amanah yang diberikan pemerintah,” terang Haris.

Haris mengatakan, lingkup kerja Pemda tercermin dalam tugas dan fungsi yang merupakan persentasi dari urusan yang Desentralisasi kan disesuaikan dengan Undang – undang. Pembentukan perangkat daerah harus didasarkan pada beban kerja yang tercermin dari bobot setiap urusan di kabupaten.

Terkait insentif, Abdul Haris berharap ada kontribusi dan upaya peningkatan pendapatan masyarakat serta penyerapan tenaga kerja lokal. kepada investor agar bisa bermitra dengan usaha kecil mikro dan menengah serta koperasi dan industri dengan mengandalkan produksi dalam negeri.

Baca Juga  Bupati Anambas Resmi Buka Pra Musrenbang RKPD Tahun 2022

“Kita berharap, Ranperda ini dapat diproses dengan tahapan dan mekanisme sesuai ketentuan peraturan perundang–undangan, sehingga dapat mempermudah langkah kerja investor,” ujarnya. (gr)

 

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, didampingi Sekretaris Daerah KKA, Sahtiar, SH, MM, saar menyerahkan Ranperda, kepada Ketua DRRD, Hasnidar, didampingi 2 orang Pimpinan DPRD, masing-masing, Syamsil Umri dan Firdiyansah serta Sekwan DPRD, Jhon Aquarius, SE. M.Si. (Gurindam Foto/Ist)

 

Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, tampak serius mendengarkan sambutan Ketua DPRD, Hasnidar. (Gurindam Foto/Ist)

 

Ketua DPRD, Hasnidar menyerahkan kembali berkas Ranperda kepada Sekretaris DPRD, Jhon Aquarius, SE. M.Si. (Gurindam Foto/Ist)

 

Tampak dari belakang sidang, sejumlah Anggota DPRD saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Guridam Foto/Ist)

 

Plt. Sekretaris DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Jhon Aquarius, SE. M.Si

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 4 0 7 2
Users Today : 2
Users Yesterday : 28
Users Last 7 days : 326
Users Last 30 days : 1693
Users This Month : 1539
Users This Year : 16580
Total Users : 84072
Views Today : 3
Views Yesterday : 46
Views Last 7 days : 516
Views Last 30 days : 2679
Views This Month : 2439
Views This Year : 24128
Total views : 137831
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.107.249
Server Time : 2022-06-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya