PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Menko Luhut Berpesan Agar UMKM Indonesia Mulai Perbaiki Kwalitas Di Era Digital

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 29, 2020
Menko Luhut Berpesan Agar UMKM Indonesia Mulai Perbaiki Kwalitas Di Era Digital
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimis UMKM Indonesia Akan Maju dengan Perbaikan Kwalitas Di Era Digital.

Dibawah komando Kementerian yang dia pimpin Dirinya selalu optimis.
Berikut catatan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan persaingan UMKM saat ini semakin ketat di pasar digital.

“Saya selalu percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional ditengah pandemi ini,” ujar Luhut. pada postingan di media sosial miliknya, Kamis (21/12/2020).

Seperti halnya hari ini saya benar-benar mengapresiasi seluruh langkah yang telah ditempuh semua pihak untuk merealisasikan capaian target onboarding UMKM ke sektor digital.

Hingga akhir November ini saya dilaporkan sebanyak 3,4 juta unit UMKM sudah masuk kedalam sistem digital.

Ini lebih besar dari harapan kami yang jumlahnya tembus 70% lebih tinggi dari pada target yang telah kami tetapkan sebelumnya saat diluncurkan 14 Mei 2020 oleh Presiden Joko Widodo.

Alih-alih membuat saya puas, saya malah meminta mereka untuk menargetkan pada akhir tahun 2022 nanti target tersebut harus meningkat keangka 18,6 juta unit yang sudah onboarding.

Untuk benar-benar mewujudkan hal tersebut tahun depan kami akan berprioritas dalam peningkatan permintaan terhadap produk UMKM/IKM ( Indonesia Artisanal ) hingga peningkatan peran aktif para Pemerintah Daerah semata-mata untuk mengejar target ini.

Selain itu saya juga meminta peningkatan kualitas produk sehingga memperkuat posisi UMKM sebagai high value product, bukan hanya produk yang biasa saja untuk itu kita juga harus berani berpikir out of the box.

Saya senang mendengar bahwa semua Kementerian dan Lembaga yang terlibat akan terus memberikan pendampingan bukan hanya digital literacy namun sampai dengan pelatihan modul keuangan agar mereka bukan hanya menjadi UMKM yang sekedarnya namun juga paham finansial yang harapannya agar mereka dapat terus tumbuh dan berkembang.

Baca Juga  Optimalkan Aset Negara, KPK Dampingi Upaya Penyelamatan Danau Toba

Hal yang paling penting adalah UMKM nantinya akan masuk kedalam katalog pengadaan pemerintah.

Untuk itu saya berharap agar LKPP segera menyiapkan pedoman bagi Kementerian dan Lembaga agar mereka siap menerima produk dari para pelaku UMKM.

Saya juga menjamin bahwa produk tersebut harus benar-benar memenuhi standar yang baik dengan terlebih dulu dilakukan kurasi.

Pengalaman yang sering kita jumpai adalah kita selalu membuat konsep yang hebat namun lemah dalam eksekusinya.

Dalam kesempatan rapat yang akan datang, saya meminta semuanya untuk menyiapkan program ini dengan baik, cukup program sederhana yang mudah dieksekusi.

Ditahun 2021 Pemerintah juga merencanakan kembali untuk memberikan stimulus pada program ini sebesar 7,6 Triliun pada sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi Nasional.

Harapan Presiden agar UMKM dapat terus bergerak bersama dalam menumbuhkan ekonomi nasional rasanya akan terus menjadi bagian tugas kita bersama.

Bukan hanya saya dan tim sebagai pemangku kebijakan namun juga masyarakat luas agar terus percaya kepada kemampuan produk lokal

sehingga hal ini saya yakini dapat memotivasi produsen lokal agar terus berkembang dan berinovasi yang tujuan besarnya adalah menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. (Rky)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137751
Users Last 30 days : 2498
Users This Month : 117
Views This Year : 26238
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-05-03
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya