Headline

Presiden Jokowi Sapa Masyarakat Natuna Lewat Tanam Mangrove

Natuna– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan penting kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia betapa penting menjaga kelestarian mangrove di seluruh Negeri. Jokowi meminta tak ada hutan mangrove yang rusak.

“Kita tahu kita memiliki mangrove terluas di dunia; 3,3 juta hektare hutan mangrove kita terbesar di dunia. Itu yang harus kita rawat, kita pelihara kalau di tempat yang kritis kita tanami kembali sehingga jangan sampai ada hutan mangrove kita yang rusak,” kata Jokowi melalui zoom disaksikan masyarakat di kawasan pantai Lanud RSA, Natuna, Senin (15/5/2023).

 

Jokowi menjelaskan, mangrove bakal mengembalikan habitat sejumlah hewan. Selain itu, menurut dia, hutan mangrove menjadi jurus jitu mengantisipasi perubahan iklim.

Presiden Joko Widodo menyapa masyarakat Natuna saat penanaman mangrove di Lanud RSA

“Saya kira proses menanam kembali hutan mangrove ini tidak hanya di sini saja, tetapi di seluruh Tanah Air harus terus, terus, terus dilakukan, dan ini dalam rangka juga melindungi pesisir kita dari kemungkinan nanti adanya perubahan iklim sehingga air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar juga bisa menahan. Ini memang proteksi alam yang memang kita perlukan,” beber Jokowi.

Generasi muda bangsa di pulau natuna ikut menanam mangrove

Sementara di Natuna setelah mendengar arahan Presiden Joko Widodo sembari menyapa rakyatnya yang berada di Pulau Natuna melalui Zoom , Komandan Lanud (Danlanud) RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan menuturkan, bahwa sebelumnya sudah dilaksanakan penanaman Mangrove sebanyak 1.000 pohon Mangrove dari Pangkalan TNI AU Raden Sadjad yang menghubungkan Kota Ranai dan Kota Tua Penagi.

“Alhamdulilah acara berjalan sukses, kita juga melaporkan langsung ke Presiden RI melalui zoom disaksikan langsung dari pantai RSA, Hari ini kita laksanakan serentak tanam bibit 1.500 pohon Mangrove bersama jajaran TNI, Forkopimda, Pemda, Masyarakat dan Pelajar,” ungkap Jajang dalam sambutannya.

Selain penanaman Mangrove, kata Kolonel Jajang, Lanud RSA juga melaksanakan pengobatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi sore ini menanam mangrove dalam rangka acara puncak nasional oleh TNI seluruh Indonesia tahun 2023.

Penanaman Mangrove Nasional secara serentak dilakukan oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia Tahun 2023 di 37 Provinsi, 370 lokasi penananam dengan jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam, dan merupakan salah satu pemecahan Rekor MURI Nasional.

Jumlah tersebut meliputi oleh Angkatan Darat di 231 lokasi penanaman dengan 572.669 bibit, oleh Angkatan Laut di 79 lokasi penanaman dengan 443.700 bibit dan oleh Angkatan Udara di 60 lokasi penanaman dengan 83.800 bibit.

Hadir dalam acara penanaman mangrove ini para perwira tinggi TNI dan Polri Natuna Para pelajar membaur bersama sejumlah prajurit, masyarakat menanam mangrove dengan riang gembira.

(Rky)

 

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.