Headline

DPRD Kepri Ingatkan Panitia PPDB Jangan Bermain Pungli

KEPRI, GURINDAM.ID – Menjelang dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021, Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Wahyu Wahyudin mengingatkan agar panitia PPDB dapat menghindari perilaku Pungutan Liar (Pungli) ataupun Korupsi.

Hal ini ditegaskan Wahyu, berdasarkan beberapa tahun terakhir, saat penerimaan PPDB selalu saja bermasalah karena ada oknum yang memanfaatkan PPDB untuk kepentingan pribadi.

“Jangan sampai ada oknum yang nakal memanfaatkan situasi ini. Seharusnya tenaga pendidik mengajarkan hal-hal baik,” ujar Wahyu Wahyudin kepada gurindam.id, Sabtu, (26/6/2021).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini meminta agar orang tua calon siswa dapat berperan aktif jika ada oknum yang nakal.

”bagi orangtua calon siswa apabila merasa dibebani biaya diluar dari ketetapan pemerintah, jangan segan dan takut melapor,” ujar Wahyu Wahyudin.

Upaya semua pihak diharapkannya berperan guna melakukan pengawasan baik langsung maupun tidak langsung guna mencegah tetjadinya pungli saat PPDB.

”Dengan adanya pengawasan, jalannya PPDB kita harapkan akan semakin transparan, karena notabene sekolah merupakan lembaga pendidikan,” kata Wahyu.

Sementara itu Ombudsman Provinsi Kepri juga mengingatkan kepada seluruh penyelenggara PPDB agar konsisten menerapkan peraturan, dan menguatkan pengawasan agar dugaan permintaan sejumlah uang tidak terjadi di tahun ini. Ombudsman juga mendorong agar sarana pengaduan, terutama berkaitan dengan akses aplikasi online yang kerap bermasalah dapat difasilitasi dengan segera dan responsif agar tidak ada yang dirugikan pada proses pelaksanaan PPDB tersebut. (grd)

 

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

6 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

1 minggu ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

1 minggu ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

2 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

2 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.