Headline

TNI AL Siagakan Patroli KAMLA Selama Liburan Panjang

GURINDAM.ID- Selat Singapura, 13 Februari 2021, Selama masa liburan panjang dalam rangka Hari Raya Imlek 2021 TNI Angkatan Laut tetap menyiagakan Patroli Keamanan Laut di sejumlah wilayah kritis terjadinya gangguan keamanan laut.

Sesuai kebijakan strategis Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam menyelaraskan dan menajamkan operasi dengan sinergitas antar unsur operasi didaerah rawan dan selektif.

Selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan jalur pelayaran terpadat di dunia, setiap hari dilewati ratusan kapal baik domestik maupun kapal kapal asing.

Perairan tersebut berbatasan dengan sejumlah negara tetangga, yang sangat memungkinkan terjadi berbagai gangguan keamanan laut maupun kegiatan kegiatan illegal lainnya yang memanfaatkan momentum liburan panjang. hal ini disampaikan Penerangan Koarmada 1 Terima Redaksi Gurindam, Minggu, (14/2/2021).

Mengantisipasi segala kemungkinan selama liburan panjang perayaan Imlek 2021, konsentrasi operasi Kamla dilaksanakan dengan mengintegrasikan pemantauan dari udara oleh Patmar 8203 dan Puskodal Guskamla Koarmada I.

Sejumlah KRI yang BKO Guskamla Koarmada I maupun unit-unit intelijen yang disebar disejumlah titik-titik rawan agar operasi lebih efektif.

Demikian disampaikan Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, yang langsung mengendalikan operasi dari udara onboard P 8203.

Dari pantauan sejak operasi digelar sampai dengan saat ini belum ada laporan terjadinya gangguan keamanan laut kepada kapal-kapal yang melintas maupun yang sedang lego jangkar.

Pemantauan aktivitas kapal keluar masuk perairan Indonesia dari Singapura maupun pergerakan HSC (High Speed Craft) yang diduga pelaku kejahatan dan pelanggaran hukum juga relatif berkurang, karena secara selektif di sejumlah titik telah ditempatkan unsur Operasi Kamla.

Strategi ini cukup efektif guna membangun deterrence effect terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan kegiatan illegal.

Kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut perintah Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K,  yang menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar tetap siaga menjelang liburan panjang. (Hms)

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

3 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.