Headline

Pasukan TNI AL Berhasil Selamatkan Ibu Melahirkan Tengah Musibah Banjir

GURINDAM.ID- Ditengah musibah banjir yang melanda masyarakat Kabupaten Bengkayang, Satgas Banjir Lantamal XII mengunakan perahu karet membantu evakuasi ibu akan melahirkan dan seorang ibu selesai melahirkan di Desa Lesa Bela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, didampingi oleh Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi, beserta Tim Peninjau dari Lantamal XII yang tengah berada dilokasi terdampak banjir di Desa Lesa Bela Kecamatan Ledo.

Lantamal menerima laporan adanya seorang ibu yang akan melahirkan dan segera dievakuasi bernama Lenny Nur Hayati (31 Tahun) dari Dusun Jawa, RT 003 RW 001 Desa Lembang Kecamatan Sanggau Ledo.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Tim Kesehatan Terpadu Satgas Penanggulangan Bencana Lantamal XII bergerak cepat berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Desa Ledo untuk mengevakuasi pasien.

Proses evakuasi dilaksanakan melalui aliran sungai dari Dusun Tanjung, salah satu titik banjir terparah menuju Desa Lesa Bela, selanjutnya menggunakan mobil ambulance dibawa ke RSUD Bengkayang dalam keadaan selamat selama menjalani proses persalinannya.

Dalam waktu hampir bersamaan, aksi tanggap Satgas Penanggulangan Bencana Lantamal XII kembali mengevakuasi seorang ibu.

Wika Warni (29) yang selesai melahirkan anak ke-2 di Puskesmas Ledo.

Melalui aliran sungai yang deras dititik banjir, proses evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet serta pengawalan ketat oleh prajurit satgas menuju rumahnya di Dusun Sebakul, Desa Suka Jaya.

Sementara dilokasi berbeda, Satgas Penanggulangan Bencana Lantamal XII bergerak cepat mengevakuasi sekelompok ibu dan anak dari rumah mereka ke tempat penampungan di Desa Lesa Bela Kecamatan Ledo, sedangkan para suami tetap berada di rumah masing-masing menjaga harta benda mereka.

Kolonel Samsu Rizal mengatakan, Di Desa Lesa Bela dan beberapa desa lainnya, cukup banyak rumah terendam banjir yang berlangsung lebih dari empat hari dengan ketinggian air bervariasi mulai satu meter hingga empat meter.

 

“Kondisi terdampak banjir tersebut begitu memprihatinkan, sehingga membutuhkan kecepatan reaksi dan tanggap segera oleh seluruh komponen termasuk Lantamal XII untuk saling bekerja sama merespon selama terjadinya bencana banjir hingga pasca bencana,” ucap Kolonel Samsul Rizal.

Kesiapsiagaan dan aksi tanggap darurat prajurit yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Lantamal XII menjadi instruksi Komandan Lantamal XII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rukman yang memastikan prajuritnya hadir untuk membantu masyarakat korban banjir sebagaimana direktif langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.  (Slm)

Riky Rinovsky

Berikan terbaik untuk Indonesia

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

3 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.