PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Kantor BMKG Natuna Segera Pindah, CSL Siap Dukung Infrastruktur

Mencerdaskan & Memuliakan - Maret 2, 2022
Kantor BMKG Natuna Segera Pindah, CSL Siap Dukung Infrastruktur
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah melakukan simulasi teropong hilal, sebagai uji coba saat baru sampai di Batam. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Perkantoran dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Natuna rencana akan bergeser yang sebelumnya di komplek Lanud Raden Sadjad akan pindah ke Puak, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Hal itu disampaikan Guswanto Deputi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) usai melakukan temu ramah bersama Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda yang didampingi langsung oleh Sekda Natuna Boy Wijanarko.

“Kehadiran kita di Natuna dalam rangka peninjauan lokasi strategis  Natuna atas persiapan dan kesiapan Natuna yang termasuk dalam kawasan atas pengalihan FIR Indonesia di Kepri,” kata Guswanto, di Natuna, Rabu (2/3/2022).

Guswanto Deputi Badang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

Guswanto Deputi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Di Kab Natuna (2/3/2022).

Lebih lanjut dari sisi Meteorologi, Indonesia harus memperkuat seluruh informasi meteorologi yang ada di kawasan Kepulauan Riau yang mama mulai dari Natuna, Batam, Tarempa hingga Tanjungpinang.

“Memperkuat Stasiun Meteorologi Natuna yang mungkin kita mencoba membangun gedung sendiri, kemudian kita perluas juga nanti dari sisi pengamatan observasinya mulai dari Maritim Automatic Water System (MWS) bisa juga dari sisi radar cuaca dan SDM,” urai Dia.

Intinya sambung Dia, kalau di BMKG akan memiliki sumber daya manusia dari pada penyedia sumber daya manusia ya artinya Sekolah tinggi meteorologi klimatologi dan geofisika di Jakarta.

“Khusus di Natuna sendiri akan kita coba barangkali kita bisa angkat nanti bagaimana SDM SMK kita itu lebih handal misalkan dalam sisi berbahasa Inggris kemudian dalam sisi pengetahuan untuk mitologi penerbangan dan kemudian dari sisi signifikan dan sebagainya,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan kesediaan operasional utama dari alat operasional saat ini, Natuna masih belum begitu besar dan masih memadai, tetapi untuk ke depan di usahakan peningkatan untuk dapat memiliki radar cuaca ataupun memiliki maritime service system.

Baca Juga  Danlanud Abdulrachman Saleh Sambut Kedatangan KASAD di Lumajang

Sebelumnya Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah menunaikan tugasnya untuk mendatangkan teropong canggih sebagai pemantau hilal ke Kepri. Penyediaan sarana teropong canggih pemantau hilal ini lewat aspirasi Cen Sui Lan melalui kegiatan BMKG pusat.

Selain teropong pemantau hilal, Cen Sui Lan juga mendukung agar di Kepri disediakan radar BMKG.

Radar ini sebagai sarana prasarana untuk kepentingan pendataaan iklim, cuaca, angin, dan klimatologi di Natuna, Provinsi Kepri. Bahkan berfungsi untuk sarana pendukung pertahanan NKRI di wilayah Natuna.

“Untuk radar MS2 di Natuna, harus segera juga diadakan. Alat radar MS2 di Natuna ini fungsinya lebih banyak dan canggih. Bisa sebagai navigasi,” jelas Cen Sui Lan kepada Gurindam.id

Sementara tempat terpisah, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda kepada media ini menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna cukup menyambut baik atas kunjungan Deputi Bidang Meteorologi RI ke Natuna tersebut.

“Tentu kunjungan Pak Deputi Bidang Meteorologi ini terkait atas kembalinya Flight Information Region (FIR) ke Indonesia yang dilakukan di Bintan kemaren oleh Bapak Presiden kita. Maka, Natuna merupakan bagian kawasan yang masuk dalam pengalihan FIR tersebut, tentu kita sangat bersyukur atas anugerah ini,” kata Dia.

(Ok)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137377
Users Last 30 days : 3045
Users This Month : 2461
Views This Year : 25615
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-24
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya