PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Peningkatan Jaringan Irigasi DI Jemaja Direncanakan Rampung Akhir Tahun 2021

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 27, 2021
Peningkatan Jaringan Irigasi DI Jemaja Direncanakan Rampung Akhir Tahun 2021
Peningkatan Jaringan Irigasi DI Jemaja Direncanakan Rampung Akhir Tahun 2021 - (Peningkatan Jaringan Irigasi DI Jemaja Direncanakan Rampung Akhir Tahun 2021)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

Anambas, Gurindam.id – Program Kedaulatan Pangan Nasional melalui kegiatan pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi jaringan irigasi sesuai yang diamanatkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai program unggulan, maka Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman(PUPRPRKP) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melakukan Peningkatan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi (DI) Jemaja Timur, Selasa(26/10/2021) di Desa Ulu Maras dan Desa Bukit Padi.

Peningkatan jaringan irigasi merupakan upaya Dinas PUPRPRKP meningkatkan fungsi jaringan irigasi dengan menambah jaringan dan merehabilitasi saluran yang rusak sehingga meningkatkan jumlah air dan sawah yang terlayani.

Proses Pengerjaan Peningkatan Jaringan Irigasi Di Desa Ulu Maras

Manfaat pembangunan jaringan irigasi ini memungkinkan lahan-lahan tidur dijadikan sawah dan masyarakat petani mendapat jaminan ketersediaan air pada persawahan mereka sebagaimana Daerah Irigasi seperti yang diketahui, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Pulau Jemaja merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Anambas.

Peningkatan Jaringan Irigasi DI Jemaja Direncanakan Rampung Akhir Tahun 2021

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Nopiyanto, ST menyebutkan DPUPRPRKP Anambas mendapatkan Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang irigasi setelah melewati proses verifikasi dan telah memenuhi kriteria usulan mulai dari provinsi hingga kementerian,saat ini di Provinsi Kepulauan Riau hanya Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna yang mendapat anggaran DAK bidang irigasi ini.

Nopiyanto menyampaikan “saat ini Pemerintah Daerah(Pemda)sedang membangun jaringan sekunder dan memperbaiki saluran primer yang rusak serta bangunan pendukung lainnya yang diperlukan untuk Daerah Irigasi (DI) Jemaja di Desa Ulu maras dan Desa Bukit Padi,”ujarnya.

“Nilai kontrak Rp. 4.117.000.000,- (Empat Milyar Seratus Tujuh Belas Juta Rupiah) yang anggarannya berasal dari Dana Anggaran Khusus (DAK Penugasan) Tahun 2021 untuk Daerah Irigasi (DI) Jemaja,” tambahnya.

Peninjauan Proses Pengerjaan Jaringan Irigasi Di Desa Ulu Maras

Di kesempatan yang sama, Nopi mengatakan pembangunan sempat mengalami kendala karena penolakan oleh pemilik lahan, sehingga terjadi penyesuaian desain pembangunan.

Baca Juga  Jalin Silaturahmi Dengan Masyarakat, Sertu M. Hadi Sambangi Desa Teluk Siantan

“Wajar setiap pekerjaan mengalami kendala dan hambatan, sehingga perlu dilakukan perubahan untuk menyesuaikan kondisi lapangan saat itu, tapi pembangunan harus tetap dilanjutkan untuk mendukung Program Kedaulatan Pangan Nasional.Insyaallah semua kendala dapat terselesaikan dan akhir tahun ini juga sudah rampung pengerjaannya, dengan begitu status Daerah Irigasi Jemaja telah tuntas dan diharapkan dengan selesainya pengerjaan dapat meningkatkan produksi padi di Anambas ini,” kata Nopiyanto,ST

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136762
Users Last 30 days : 2944
Users This Month : 1846
Views This Year : 24763
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya