PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Faisal: Literasi Mampu Berdayakan Masyarakat Kita

Mencerdaskan & Memuliakan - September 16, 2021
Faisal: Literasi Mampu Berdayakan Masyarakat Kita
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

NATUNA, GURINDAM.ID – Perpustakaan potensial menjadi wahana pembelajaran bersama mengembangkan keterampilan masyarakat.

Sebagai pusat literasi, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat pinjam dan baca buku, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat. Hal itu mengemuka mendorong Rozain selalu Kepala Desa menghadirkan taman bacaan Di desa Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna.

Hal itu juga mendorong Kemendikbudristek mengirimkan pengkaji dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau untuk mengadakan penelitian yang berjudul Peran Komunitas Literasi  dalam Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Natuna yang dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 15 September 2021.

Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal, dirinya sangat berperan aktif dalam menggerakkan Literasi Nasional di Kabupaten Natuna.

Dirinya memprioritaskan pendirian dan fasilitas kegiatan Forum Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Kabupaten Natuna.

“Belum lama ini Kepada saya dalam diskusi kecil pengkaji literasi dari Kemendikbudristek mereka mengatakan, Gerakan Literasi  Nasional di Kabupaten Natuna. Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Natuna harus saling bergandeng tangan untuk berperan serta dalam memajukan literasi tersebut,” ujar Muhammad Faisal Sekretaris dinas pendidikan kepada Media ini, Rabu (15/09/2021).

“Kegiatan ini harus kita dukung dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan minat baca masyarakat,” sambung Dia.

Hal senada juga dilakukan Kepala Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat, Rozain. Beliau sangat peduli terhadap Gerakan Literasi Nasional yang ada di desanya dengan menganggarkan dana desa sekitar Rp 8 juta,-  untuk penyediaan buku dan  operasional taman bacaan masyarakat pada Tahun Anggaran (TA) 2021.

Sementara itu, Ketua SKB Kabupaten Natuna, Rika menyampaikan, ia akan berkolaborasi dengan Taman Bacaan Masyarakat Natuna untuk melaksanakan kelas menulis bagi penggiat literasi di Kabupaten Natuna.

Ditempat lain, Dalam kesempatan yang sama, Ahdiyani, Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sekaligus koordinator Taman Ilmu Desa Mekar Jaya, sangat berperan aktif dalam Gerakan Literasi Nasional.

Baca Juga  Media Berperan Mewujudkan Masyarakat Literat

Dirinya memberdayakan masyarakat Desa Mekar Jaya lewat  Taman Bacaan Masyarakat sebagai Desa Wisata Hutan Mangrove serta memberdayakan hasil dari pohon mangrove sebagai Sirup dari buah mangrove, membuat  salai dari buah mangrove, gantungan kunci serta Abon dari kepiting yang ada di hutan mangrove.

Hal ini sangat perlu mendapat perhatian khusus dari Pengurus Taman Bacaan Nasional serta Pemerintah Pusat dan Daerah untuk membantu pengembangan Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Kabupaten Natuna.

Menggelar banyak kegiatan seperti, Kemah Literasi di hutan Mangrove, magang literasi atau kegiatan-kegiatan lainnya yang menambah motivasi masyarakat kabupaten untuk berinovasi dan menjadi percontohan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. (Rky)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136855
Users Last 30 days : 2935
Users This Month : 1939
Views This Year : 24886
Who's Online : 1
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya