PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

DPR RI Dapil Kepri Dorong Kajati, Persoalan Pelabuhan Segera Tuntas

Mencerdaskan & Memuliakan - September 2, 2021
DPR RI Dapil Kepri Dorong Kajati, Persoalan Pelabuhan Segera Tuntas
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meminta Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepri, segera menuntaskan tunggakan perkara lama di Pelabuhan Dompak, Tanjungpinang. Karena, perkara ini telah selesai sebelumnya.

“Tolong Pak Kajati, segera clear-kan perkara lama pelabuhan Dompak Tanjungpinang. Supaya anggaran yang sudah diplotkan di Kemenhub untuk penyelesaian pelabuhan Dompak tersebut, bisa direalisasikan. Sehingga, pelabuhan Dompak segera berfungsi,” kata Cen Sui Lan saat memberikan keterangan resmi, Rabu (1/9/2021).

Cen mengatakan Jika pelabuhan penumpang domestik Dompak dibangun, kata Cen Sui Lan, akan menjadi salah satu titik pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang, dan Provinsi Kepri.

“Saya ingin, Pak Kajati menolong hal ini. Sama-sama, kita membangun daerah ini. Saya semaksimal mungkin memperjuangkan anggarnya di tahun anggaran 2022,” ujarnya.

Sebab, lanjut Cen Sui Lan, Dirjen Hubla Kemenhub RI Agus H Purnomo menyatakan, untuk peningkatan pembangunan pelabuhan Dompak itu, tinggal dari pihak Kejaksaan sebagai pengacara pemerintah, yang memberikan kepastian hukum. Bahwa persoalan hukum yang lama itu sudah clear

“Jangan ada barrier (hambatan) lagi lah,” ujar Cen Sui Lan yang sedang mengikuti pendidikan di Lemhannas RI tersebut.

Harapan ini disampaikan Cen Sui Lan, setelah menerima penjelasan detail tentang pelabuhan Dompak dari Dirjen Hubla Agus H Purnomo, saat RDP Komisi V DPR RI. Selain itu, Cen Sui Lan berharap agar semua stakeholder di Provinsi Kepri, saling bahu membahu untuk membangun infrastruktur di daerah seperti pelabuhan di Dompak, Tanjungpinang tersebut.

Kondisi Pelabuhan Dompak

Sebelumnya, Cen Sui Lan meninjau langsung kondisi fisik pelabuhan Dompak, yang semakin rusak tersebut, Maret 2021.

Pembangunan pelabuhan Dompak sudah menghabiskan dana APBN sekitar Rp121 miliar. Terakhir, tahun 2015 pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan mengalokasikan dana APBN-P senilai Rp 9.883.700.000.

Baca Juga  KPK setor Rp3,8 Miliar dari Terpidana Sri Utami

Dalam pelaksanaannya, muncul kasus atau perkara dugaan tindak pidana korupsi Rp5,054 miliar, terhadap proyek pembangunan fasilitas Pelabuhan Pulau Dompak. Tahun 2019 lalu, Direktur Utama PT Iklas Maju Sejahtera (IMS) ditetapkan bersalah.

Tapi, sampai saat ini, pelabuhan belum bisa difungsikan karena perkara belum clear. (ss/jrg)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

134690
Users Last 30 days : 6014
Users This Month : 5642
Views This Year : 22109
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-03-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya