PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Pemerintah Terima Bantuan 500 TON Oksigen, Wamenkes: Bantuan Dari Tanoto Foundation

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 10, 2021
Pemerintah Terima Bantuan 500 TON Oksigen, Wamenkes: Bantuan Dari Tanoto Foundation
Ruangan Asrama Haji menjadi rumah sakit bagi penanganan pasien Covid-19. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

JAKARTA, GURINDAM.ID- Pemerintah Indonesia menerima bantuan dari Tanoto berupa 500 ton oksigen untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi perawatan pasien COVID-19 di rumah sakit (RS) khususnya wilayah Jawa-Bali pada Jumat (9/7/2021).

Wakil Menteri Kesehatan (Wamrnkes) Dante Saksono Harbuwono menjelaskan bahwa untuk saat ini oksigen merupakan barang esensial sangat dibutuhkan untuk perawatan pasien COVID-19.

“Sebab, untuk saat ini mayoritas pasien mengalami masalah paru-paru akibat dari infeksi COVID-19, sehingga membutuhkan oksigen untuk membantu pernafasan pasien,” kata Wamenkes Dante melalui keterangan resmi, Sabtu (10/7/2021).

Namun, lonjakan kasus COVID-19 yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir turut berimplikasi pada tingginya kebutuhan oksigen.

Sementara, kapasitas oksigen yang ada saat ini masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis di Jawa-Bali.

Dilaporkan bahwa kapasitas produksi oksigen di Jawa saat ini hanya 1.400 ton/hari, sementara yang dibutuhkan untuk Jawa-Bali sekitar 2.600 ton/hari. Dengan demikian, masih ada kekurangan sekitar 700 ton sehari.

Oleh karenanya, Wamenkes Dante mengapresiasi bantuan kemanusiaan yang diberikan Tanoto Foundation dan mitra kerja Riau Pulp and Paper dalam upaya pemenuhan oksigen medis khususnya untuk rumah sakit-rumah sakit di Jawa-Bali.

“Bantuan supply oksigen dari Tanoto Foundation ini sangat bermanfaat bagi kita semua, 500 ton bukan sekedar angka tetapi 500 ton ini sangat penting untuk mengurangi kematian bagi pasien yang sedang sesak di rumah sakit, ruang isolasi maupun di rumah,” kata Dante.

CEO Tanoto Foundation, J. Satrijo Tanudjojo mengatakan tahap awal, jumlah oksigen yang akan dikirim sebanyak 100 ton, sisanya akan menyusul dalam beberapa pekan kedepan.

“Ketersediaan oksigen di RS sangat penting, awal pekan ini kami mendapatkan mandat dari keluarga Tanoto Foundation untuk bergerak membantu memasok oksigen bekerjasama dengan mitra perusahaan kami Riau Pulp and Paper,” kata Satrijo.

Baca Juga  Gubernur Ansar Apresiasi PT BAI Bantu Pemerintah Tangani COVID-19

(Inf)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136977
Users Last 30 days : 2930
Users This Month : 2061
Views This Year : 25043
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.143.4.181
Server Time : 2024-04-20
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya