PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan Perjuangkan Pelabuhan Buton Natuna Masuk APBN 2022

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 13, 2021
Cen Sui Lan Perjuangkan Pelabuhan Buton Natuna Masuk APBN 2022
Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Dirjen Hubla Kemenhub Agus H Purnomo mendiskusikan pembangunan pelabuhan samudera Teluk Buton di natuna, di sela RDP Komisi V DPR RI dengan Kemenhub. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Cen Sui Lan, anggota DPR asal Kepri, mengawal usulan pembangunan Pemprov Kepri ke pusat. Terbaru, Cen mengusulkan pembangunan Pelabuhan Teluk Buton Natuna masuk rencana pembangunan Kemenhub tahun anggaran 2022.

Cen mengutarakannya kepada Dirjen Hubla Kemenhub, Agus H Purnomo, saat rapat dengan Dirjen Hubungan Laut, dan Dirken Perkeretaapian Kemenhub, Selasa (8/6/2021). Rapat dengan Komisi V, tempat Cen menjadi anggotanya, membahas evaluasi program tahun 2021 dan pembahasan awal tahun anggaran 2022.

Awalnya, Dirjen Hubla tak menyinggung sama sekali rencana Pelabuhan Teluk Buton di Natuna, Kepri. Padahal, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Natuna saat bertemu Menhub menyampaikan usulan pembangunan pelabuhan samudera itu dalam program Kemenhub tahun 2021.

Berbekal hak budgeting, Cen meminta Dirjen Hubla Agus memasuukkan usulan pembangunan itu ke dalam rencana Kemenhub tahun depan. Cen menegaskan, usulan itu sesuai amanat UU MD3 dan UU APBN sebagai anggota DPR dari Kepri.

“Kita minta pembangunan pelabuhan samudera Teluk Buton di Natuna itu, sebagai program prioritas untuk tahun anggaran 2022,” kata Cen Sui Lan, Rabu (9/6/2021). Cen, dalam kesempatan itu, menjelaskan pentingnya Pelabuhan Teluk Buton. Selain bagian Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) Ranai, nantinya pelabuhan itu berfungsi sebagai lokasi penampungan hasil perikanan di Natuna.

“Karena, hasil perikanan di Natuna itu berkisar 10 persen dari produksi ikan dunia. Makanya, kita ngotot mengusulkan pembangunan pelabuhan samudera Teluk Buton di Natuna itu, direalisasikan tahun anggaran 2022,” tegas Cen, PAW Ansar Ahmad setelah maju ke Pilgub Kepri tahun 2020 lalu.

Cen menambahkan, keberadaan pelabuhan samudera itu penting sebagai infrastruktur di wilayah perbatasan, khususnya dengan Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Philipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Baca Juga  Dedikasi Untuk Negeri Cen Sui Lan Raih Penghargaan PSMTI Pusat

Dengan panjang 1,39 kilometer, pelabuhan samudera di Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Natuna, dapat menjadi pelabuhan nasional, regional dan internasional. “Pelabuhan juga mendorong pengembangan investasi dan ekonomi masyarakat Natuna, dan Kepri. Terutama mendorongan pasokan barang,” sebut Cen, fungsionaris DPP MKGR. (Sls)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

134689
Users Last 30 days : 6013
Users This Month : 5641
Views This Year : 22106
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-03-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya